Pemilu 2019

BPN Lapor Dugaan Pelanggaran Pemilu Luar Negeri, PPLN Vatikan: Saksi Kedua Paslon tak Keberatan

Pihak BPN Lapor Dugaan Pelanggaran Pemilu Luar Negeri, PPLN Vatikan: Saksi Kedua Paslon tak Keberatan

BPN Lapor Dugaan Pelanggaran Pemilu Luar Negeri, PPLN Vatikan: Saksi Kedua Paslon tak Keberatan
KOMPAS.com/HENDRA CIPTA
Ilustrasi penggunaan hak suara: Salah seorang warga memberikan hak suaranya di pemungutan suara ulang di TPS 07, Komplek Pondok Pelangi, Jalan Karya Baru, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (25/4/2019). 

Pihak BPN Lapor Dugaan Pelanggaran Pemilu Luar Negeri, PPLN Vatikan: Saksi Kedua Paslon tak Keberatan

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Badan Pemenangan Nasional ( BPN) Prabowo-Sandiaga melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu yang terstruktur, sistematis, dan masif yang terjadi di luar negeri.

Sekretaris BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hanafi Rais, mengatakan, beberapa pelanggaran pemilu terjadi di Malaysia, Hongkong hingga Vatikan.

Pasukan Pengamanan Kunjungan Presiden Sudah Siap 100 Persen, 1.500 Personel TNI/Polri Disiagakan

Menanggapi hal itu, Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Vatikan Muhammad Ferdien, mengatakan, persiapan hingga pemungutan dan perhitungan suara di Vatikan berjalan baik dan sesuai aturan.

Ferdien mengatakan, saat akhir perhitungan suara para saksi dari kedua paslon 01 dan 02 tidak ada yang keberatan dan turut menandatangani dokumen-dokumen pemungutan dan perhitungan suara.

"Oleh karena itu, kami menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemilu oleh PPLN Vatikan di wilayah akreditasi KBRI Vatikan telah berjalan dengan baik, aman, kondusif, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Ferdien saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/5/2019).

Ani Yudhoyono Disudutkan, Elite Demokrat Geram, Kader Mundur, Hinca: Koalisi Sampai 22 Mei

Ferdien mengatakan, pekan lalu, KPU bersama Kelompok Kerja Pemilu Luar Negeri (Pokja PLN) dan para saksi dari kedua Paslon 01 dan 02 serta saksi dari partai-partai telah mengadakan verifikasi hasil perhitungan suara di PPLN Vatikan.

"Dan PPLN Vatikan telah dinyatakan sah penghitungan suaranya oleh KPU, Pokja PLN, dan para saksi dari kedua paslon dan partai-partai," ujar Ferdien.

Ferdien menambahkan, pemilih dengan metode pos di Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 530 orang. Adapun, PPLN Vatikan telah melakukan penghitungan suara pemilu di 3 TPS yaitu TPS Roma, TPS Napoli, dan TPS Pos pada Rabu (17/5/2019).

Dugaan pelanggaran pemilu di Vatikan menurut BPN Penasihat hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sahroni mengatakan, dugaan pelanggaran Pemilu di Vatikan dilihat dari jumlah pemilih.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved