PM Australia Raih Kemenangan Mengejutkan di Pemilu, Rakyat Negeri "Kanguru" Kaget

Petahana, PM Australia Raih Kemenangan Mengejutkan di Pemilu, Rakyat Negeri Kanguru Kaget

PM Australia Raih Kemenangan Mengejutkan di Pemilu, Rakyat Negeri
KOMPAS.com/AFP
Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan keluarga melambaikan tangan usai menyampaikan pidato kemenangan di Sydney. Morrison memimpin Koalisi meraih kemenangan mengejutkan di pemilu federal Australia, Sabtu (18/5/2019). 

Petahana, PM Australia Raih Kemenangan Mengejutkan di Pemilu, Rakyat Negeri Kanguru Kaget

POS-KUPANG.COM | SYDNEY - Hasil mengejutkan terjadi dalam Pemilihan Umum ( Pemilu) Federal Australia yang digelar pada Sabtu (18/5/2019). Sebabnya, koalisi yang dipimpin oleh petahana Perdana Menteri Scott Morrison memperoleh kemenangan, dan membuat rakyat Negeri "Kanguru" kaget.

Dikutip Sydney Morning Herald, Morrison mematahkan prediksi seluruh lembaga survei yang menyebut pemerintahannya bakal mengalami kekalahan.

Pemerintah Desa Diminta Beri Perhatian untuk Rumah Layak Huni dan Stunting

Pemimpin oposisi Partai Buruh Bill Shorten sebelumnya sudah digadang-gadang bakal menjadi perdana menteri ke-31 Australia.

Bagaimana tidak, Partai Buruh selalu memimpin jajak pendapat selama tiga tahun sejak pemilu terakhir pada Juli 2016. Bahkan dalam exit poll yang dirilis ketika TPS ditutup menunjukkan Partai Buruh bakal mengalahkan petahana dengan angka meyakinkan 52 melawan 48 persen.

Bupati Tahun Ancam Rumahkan Kades yang Belum Melakukan Asistensi Rab dan Perencanaan

Namun hingga lebih dari 70 persen suara yang dihitung seperti dikutip BBC, koalisi Morrison memperoleh 74 dari 76 kursi parlemen yang dibutuhkan untuk mengklaim kemenangan.

Sementara Partai Buruh baru mendapatkan 66 kursi. Dalam konferensi pers, Shorten mengakui kekalahannya dari Morrison.

"Sudah jelas bahwa Partai Buruh tidak akan bisa membentuk pemerintahan selanjutnya," ujar Shorten kepada anggota partai.

Dia juga berkata sudah mengucapkan selamat kepada Morrison. "Semoga Scott beruntung," katanya seraya mengumumkan dia tak bakal maju dalam pemilihan ketua partai selanjutnya.

Sementara Morrison menuturkan dia berterima kasih atas sikap legawa dari lawannya serta "rakyat Australia yang diam namun telah memilih".

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved