Pesan Tri Hari Waisak dari Ketua Magabudhi Kota Kupang

Perayaan Waisak merupakan perayaan terbesar bagi umat Buddha. Hari Raya Waisak sendiri dikalangan umat Buddha sering disebut dengan hari raya Trisuci

Pesan Tri Hari Waisak dari Ketua Magabudhi Kota Kupang
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Indra Effendy Ketua Magabudhi Kota Kupang di Panti Asuhan Alma Kota Kupang, Sabtu (18/5/2019). 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Perayaan Waisak merupakan perayaan terbesar bagi umat Buddha. Hari Raya Waisak sendiri dikalangan umat Buddha sering disebut dengan hari raya Trisuci Waisak.

Demikian dijelaskan Indra Effendy selaku Ketua Megabudhi Kota Kupang usai memimpin Puja Bakti di perayaan Waisak di Lantai III Gedung FKUB Kota Kupang, Minggu (19/5/2019).

Indra menjelaskan disebut Tri Suci Waisak, karena pada hari Waisak terjadi tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Buddha Gautama.

Besok Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Rotiklot di Belu-NTT

Indra mengatakan, ditengah hangatnya perdebatan soal Pemilu, ia berharap perayaan Waisak ini menjadi kesempatan yang baik untuk kembali berdoa bagi keamanan dan kenyamanan di NKRI.

"Baru saja kita melewati pesta Demokrasi, menyusul perayaan Paskah, sekarang umat muslim tengah merayakan paskah dan hari ini kami umat Buddha merayakan Waisak. Intinya, kerukunan tetap kita jaga," ungkapnya.

Menurutnya, tokoh-tokoh agama mesti menjadi pelopor untuk menciptakan ketentraman di tengah hiruk pikuk pasca Pemilu.

"Hal yang penting saat ini ialah kita bisa menciptakan ruang yang kondusif bagi umat, masyarakat agar mereka bisa menjalankan aktivitas mereka sehari-hari dengan aman. Berbeda pilihan itu wajar namun yang penting kerukunan dan persaudaraan tetap kita jaga," ungkapnya.

Ini Komentar Striker Rene Mihelic usai Persib Bandung Hancurkan Persipura Jayapura Skor 3-0

Sementara itu, Pembimas Buddha, Artadi Wijaya Kanwil Nusa Tenggara Timur yang turut hadir dalam kesempatan itu, mengatakan, puncak rangkaian perayaan Waisak yaitu Dharmasanti akan dilaksanakan di Maumere bulan depan di Vihara Pancaran Dharma.

"Di Kota Kupang kita awali dengan Safari, kunjungan KE Panti Asuhan Alma TDM, hari ini Puja Bakti di Gedung FKUB dan nanti di Maumere," jelasnya.

Ia menjelaskan, di NTT ada tiga Vihara, yaitu, antara lain di Kota Kupang, Vihara Purbarathana (belum selesai dibangun), di Atambua Vihara Wajrameta. (*)



Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved