Bermodal Senjata Rakitan, 4 Pria Curi Motor di 50 Tempat, Begini Nasib Mereka Sekarang

Bermodal Senjata Rakitan, 4 Pria Curi Motor di 50 Tempat, Begini Nasib Mereka Sekarang

Bermodal Senjata Rakitan, 4 Pria Curi Motor di 50 Tempat, Begini Nasib Mereka Sekarang
KOMPAS.com/Walda Marison
Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Andi Sinjaya Ghalib, di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Sabtu (18/5/2019), saat memberi keterangan kepada pers tentang kasus pencurian sepeda motor. 

Bermodal Senjata Rakitan, 4 Pria Curi Motor di 50 Tempat, Begini Nasib Mereka Sekarang

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Polisi amankan empat tersangka pelaku pencurian sepeda motor yang kerap membawa senjata Api. Keempat tersangka sering membawa senjata api untuk mengantisipasi perlawanan dari pemilik sepeda motor.

"Andi menjelaskan, senpi pelaku digunakan jika ada korban yang melawan atau menghalangi aksi mereka. Senpi tersebut berjenis revolver," kata Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan, Komisaris Andi Sinjay Ghalib di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Sabtu (18/5/2019).

BREAKING NEWS: Istri Sibuk Mengurus Ikan Tangkapan Suami, Bocah 2 Tahun Tenggelam di Laut Flores

Keempat tersangka itu yang ditangkap antara lain F yang berdomisili di Lampung Timur. Dia beperan sebagai joki saat mencuri sepeda motor.

Tiga tersangka lainnya yaitu R, A, dan E yang berdomisili di Banten dan berperan sebagai perantara hasil kejahatan.

AS Sepakat Jual Rudal ke Korsel dan Jepang Senilai Rp 9 Triliun

Andi mengatakan, F selaku eksekutor kerap mengincar sepeda motor yang diparkir di permukiman warga pada malam hari. Dalam aksinya, tersangka selalu membawa senjata api tetapi tidak pernah sekalipun digunakan ketika mencuri.

Keempatnya diketahui kerap melakukan aksi pencurian di kawasan Jakarta Selatan hingga Tanggerang.

"Ini TKP (tempat kejadin perkara)-nya banyak sekali. Kami sudah inventarisir, ada sekitar 50 TKP, tersebar ada di wilayah Jakarta Selatan dan Tangerang," kata dia.

Mereka ditangkap beberapa waktu lalu di sebuah tempat pencucian mobil dan motor di Tanggerang. Saat penangkapan, mereka sempat melarikan diri dari kejaran polisi.

Satu anggota polisi dari Polres Jakarta Selatan bahkan patah kaki saat mengejar tersangka. "Ada anggota patah kaki pada saat melompat dari lantai dua waktu pengejaran terhadap dua orang pelaku yang awalnya ingin melarikan diri namun berhasil ditangkap," kata dia.

Dari tangan para tersangka, polisi mendapati beberapa barang bukti, antara lain satu senjata api jenis revolver rakitan, lima peluru, satu kunci T, dan satu magnet pembuka kunci motor.

Para tersangka kinni dijerat Pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (Kompas.com/Walda Marison)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bermodal Senjata Rakitan, 4 Pria Curi Motor di 50 Tempat",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved