Raihan Kursi Gerindra Turun, Demokrat Pertahankan Kursi di DPRD Kabupaten Kupang

Kursi Partai Gerindra di DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019 dari 5 kursi turun drastis pada Pemilu 2019 dengan raihan 3 kursi

Raihan Kursi Gerindra Turun,  Demokrat Pertahankan Kursi di DPRD Kabupaten Kupang
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Pelaksanaan rapat pleno hasil pilpres dan pileg tingkat KPU di Kabupaten Kupang, Sabtu (4/5/2019). 

Raihan Kursi Gerindra Turun,  Demokrat Pertahankan Kursi di DPRD Kabupaten Kupang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I OELAMASI- Kursi Partai Gerindra di DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019 dari 5 kursi turun drastis pada Pemilu 2019 dengan raihan 3 kursi. Dari 4 daerah pemilihan (Dapil) yang ada, Gerindra hanya meraih 1 kursi di Dapil Kupang-1 atas nama Tome da Costa (incumben), Otniel Bobsuni di Dapil Kupang-2 (pendatang baru) dan Dapil Kupang-4 diraih Yosep Lede (incumben).

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kupang, Oni Soforus Tamoes kepada POS KUPANG.COM, Jumat (17/5/2019) tidak banyak berkomentar. Dirinya menilai seluruh kader, caleg, simpatisan Partai Gerindra sudah berjuang maksimal. Namun, realitasnya perolehan kursi turun drastis dari 5 kursi menjadi 3 kursi.

"Tidak bisa kami pungkiri kalau suara Gerindra di Kabupaten Kupang turun dari 5 kursi menjadi 3 kursi. Semua orang pasti tahu bagaimana situasi di tingkat nasional berimbas ke daerah. Tapi kami terima hasil ini dengan lapang dada karena realitas seperti ini," kata Oni.

Presiden Joko Widodo Direncanaka Meresmikan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu-NTT

Menurut Oni, hasil ini tentu menjadi bahan evaluasi internal partai. Seluruh kader dan pengurus akan tetap melaksanakan tugas dan pelayanan kepada warga seperti biasa. Namanya politik tentu harus menerima hasil apapun karena inilah hasil perjuangan bersama.

Sementara Ketua DPC Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Rondo mengatakan, sebelum pemilu legislatif, Demokrat secara internal menargetkan  5 kursi di DPRD Kabupaten Kupang. Tapi ternyata belum terpenuhi. Namun, pihaknya cukup puas karena  4 dapil yang ada terisi semua wakilnya seperti  5 tahun lalu.

"Dengan 4 kursi kami syukuri walau saya akui  belum maksimal. Ini akan kami evaluasi untuk  lebih baik lagi pada Pemilu  2024," katanya.

Demokrat pada pemilu 2019 meraih 4 kursi di semua dapil. Adapun dapil yang ada di Kabupaten Kupang yakni, Dapil Kupang-1 meliputi :  (Kupang Timur, Kupang Tengah, Taebenu,  Amabi Oefeto).

40 Caleg Berpeluang Lolos ke DPRD Kabupaten Kupang periode 2019-2024

Dapil Kupang-2 meliputi : (Sulamu, Fatuleu, Takari, Amabi Oefeto Timur, Fatuleu Barat, Fatuleu Tengah).

Dapil Kupang-3 meliputi : (Amfoang Selatan, Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, Amfoang Barat Daya, Amfoang Timur, Amfoang Tengah).

Dapil Kupang-4 meliputi : (Semau, Semau Selatan, Kupang Barat, Amarasi, Nekamese, Amarasi Barat, Amarasi Selatan, Amarasi Timur).

Di NTT, Lima Kursi di DPRD Kabupaten Kupang Ditempati Lima Caleg Perempuan

Adapun raihan kursi untuk partai yang diprediksikan calegnya lolos ke DPRD Kabupaten Kupang periode 2019-2024 yakni, Golkar meraih 5 kursi, NasDem 5 kursi, PDIP 4 kursi, PKB 4 kursi, Demokrat 4 kursi, Gerindra 3 kursi, Perindo 2 kursi, PAN 4 kursi,  Hanura 3 kursi,  PKPI 3 kursi, PSI 1 kursi,  PBB 2 kursi.

Untuk diketahui Komisi Pemihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang telah menyelesaikan pleno rekapitulasi hasil pilpres dan pileg tahun 2019. Untuk DPRD Kabupaten Kupang, total kursi yang diperebutkan 40 kursi yang terbagi dalam 4 daerah pemilihan (Dapil).(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved