Pemilu Berjalan Baik Mendapatkan Apresiasi Dari Vikjen KAE

Pelaksanaan Pemilu yang berjalan aman dan damai di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Ende mendapatkan apresiasi dari pa

Pemilu Berjalan Baik Mendapatkan Apresiasi Dari Vikjen KAE
POS-KUPANG.COM/ ROMUALDUS PIUS
Suasana rekapitulasi suara Pemilu 2019 di KPU Ende, Kamis (2/5/2019) 

 Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Pelaksanaan Pemilu yang berjalan aman dan damai di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Ende mendapatkan apresiasi dari para tokoh di Kabupaten Ende baik itu tokoh agama maupun KPU dan juga DPRD Kabupaten Ende.

Tokoh agama Katolik di Kabupaten Ende,RD Crillus Lena yang juga adalah Vikjen Keuskupan Agung Ende saat ditemui Pos Kupang di Istana Keuskupan Agung Ende, Ndona, Jumat (17/5/2019) mengatakan pihaknya memberikan apresiasi bahwa pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Ende khususnya bisa berjalan dengan baik dan aman serta demokratis.

Intip YUK Data Head to Head Persib Bandung vs Mutiara Hitam Jayapura: Maung Bandung Unggul

Hal itu menunjukan kedewasaan berpolitik masyarakat telah cukup dewasa menjalankan hak politiknya.

Meskipun diakuinya ada hal-hal kecil yang mengganjal dalam proses Pemilu terutama regulasi Pemilu yang kerap berubah Pemilu namun demikian secara umum tidak mengganggu pelaksanaan Pemilu itu sendiri.

Andre Koreh: KONI NTT Tidak Pernah Cuci Tangan Dalam Kasus Forki NTT

RD Cyrillus mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu memang ada pihak yang menang dan juga yang kalah namun itulah proses demokrasi mesti ada pihak yang kalah dan juga ada yang menang ataupun ada yang puas dan tidak puas.

“Secara khsusus kita di Ende anggota DPRD hanya 30 orang sedang yang menjadi caleg mencapai ratusan tentu yang berhasil akan merasa puas sedangkan yang gagal merasa kecewa. Oleh karena itu bagi yang berhasil tidak perlu eforia berlebihan sedangkan yang gagal tidak perlu mengalami kekecewaan yang berkepanjangan namun kembali menata kehidupan baru yang lebih baik,”kata RD Cyrillus.

Presiden Joko Widodo Direncanakan Meresmikan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu-NTT

RD Cyrillus mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu hanya lima tahun sekali oleh karena itu hendaknya segala perbedaan pandangan politik tidak perlu diperpanjang karena semuanya adalah satu yakni NKRI yang berada dalam Pancasila dan UUD 1945.

Penyerang Persija Marko Simic Tak Sabar Berduet dengan Pemain Macan Kemayoran Riko Simanjuntak

RD Cyirillus mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan baik karena adanya dukungan dan kerjasama serta kesadaran politik yang tinggi dari masyarakat maupun komponen penyelenggara Pemilu yang sama-sama berkomitmen untuk mensukseskan Pemilu tahun 2019.

Menurut RD Cyrillus dalam pengamatan pihaknya partisipasi masyarakat cukup tinggi yang ditandai dengan tinggnya antusias masyarakat untuk mengikuti Pemilu dengan mendatangi TPS untuk melakukan pencoblosan.

Dua Pemain Persib Bandung Dipinjamkan ke Klub Lain, Begini Skenario Pelatih Maung Bandung

Hal itu berkat sosialisasi yang gencar dilakukan oleh penyelenggara Pemilu baik di tingkat daerah maupun nasional dengan memenfatkan berbagai media yang ada.
RD Cyrillus juga memberikan apresiasi kepada aparat keamanan baik itu Polri dan TNI yang telah berkerja secara profesional didalam mengamankan pelaksanaan Pemilu.

“Kita tidak mendengar adanya intervensi apapun dari pihak keamanan bahkan pada saat pencoblosan mereka berada jauh dari TPS hanya sebatas melakukan pengamatan,”kata RD Cyrillus.

Terkait dengan hasil Pemilu pihaknya meminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu serta siap menerima apapun hasil dari Pemilu tersebut namun pihaknya berharap agar hasil Pemilu sesuai dengan keinginan secara umum dari masyarakat.

Masyarakat juga diminta cermat dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu ataupun pemberitaan yang tidak jelas yang bersumber dari media sosial.

“Apa yang ada media sosial memang sulit untuk dibedakan karena batasanya sangat tipis antara malekat dan setan. Jadi masyarakat harus secara dewasa menyikapinya agar tidak terjebak,”kata RD Cyrillus. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved