Ombudsman Minta Masyarakat Lapor jika Temukan Harga Kebutuhan Pokok Tak Wajar

Harga bahan kebutuhan pokok dalam beberapa waktu terakhir cenderung naik. Bahkan ada yang melonjak tajam jika dibanding hari-hari sebelumnya.

Ombudsman Minta Masyarakat Lapor jika Temukan Harga Kebutuhan Pokok Tak Wajar
KOMPAS.com
Anggota Ombudsman, Ahmad Alamsyah Saragih 

Ombudsman Minta Masyarakat  jika Temukan Harga Kebutuhan Pokok Tak Wajar

POS-KUPANG.COM- Harga bahan kebutuhan pokok dalam beberapa waktu terakhir cenderung naik. Bahkan ada yang melonjak tajam jika dibanding hari-hari sebelumnya.

Sebut saja harga bawang putih, bawang merah dan cabe. Kondisi ini mendapat perhatian dari Ombudsman RI.  Penyebabnya,  stok menipis atau ada indikasi permainan yang oknum distributor atau importir.

Mencermati itu, Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih, meminta masyarakat agar lebih pro aktif memantau kondisi bahan pokok di pasaran.

Anggota Ombudsman Sebut Maskapai akan Rugi Jika Kemenhub Paksa Penurunan Harga Tiket

Serta melaporkan jika ada temuan di lapangan yang diluar kewajaran. "Ada hal yang tidak wajar, masyarakat silakan melapor ke Ombudsman.

Nanti kami akan meneruskan ke instansi terkait, upaya lebih cepat diantisipasi," kata Alamsyah usai melakukan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019).

Alamsyah menyampaikan, ketidakwajaran pada kebutuhan pokok bisa beragam. Apakah harga yang terlalu tinggi, mengandung bahan/zat berbahaya maupun indikasi-indikasi lain.

Kadis PUPR Matim Sidak Jalan di Lamba Leda

Karena itu, Ombudsman mengimbau pabrik supaya berani menyampaikan jika ada temuan.

"Bukan hanya sekedar ada atau tidaknya barang, tapi kalau merasa barang tersebut berbahaya dan lain sebagainya, silakan lapor," imbasnya.

Dia mengatakan, guna memastikan persediaan dan harga bahan pokok tetap stabil, pihaknya hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar secara serentak di 34 provinsi. S

Halaman
12
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved