Pemilu 2019

Mantan Komisioner KPU: Penolakan Prabowo Tak Berdampak pada Legalitas, Hasil Pemilu Tetap Sah

Mantan Komisioner KPU: Penolakan Prabowo Subianto tak berdampak pada legalitas, hasil pemilu tetap sah

Mantan Komisioner KPU: Penolakan Prabowo Tak Berdampak pada Legalitas, Hasil Pemilu Tetap Sah
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) RI, Sigit Pamungkas, ketika ditemui dalam sebuah diskusi di Gado-gado Boplo, Menteng, Jakarta, Sabtu (20/1/2018). 

Mantan Komisioner KPU: Penolakan Prabowo Subianto tak berdampak pada legalitas, hasil pemilu tetap sah

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU), Sigit Pamungkas menyebutkan, peserta pemilu punya tanggung jawab atas hasil pemilu.

Jika ada pihak yang menolak hasil pemilu tanpa disertai bukti, maka hal itu adalah bentuk kesewenang-wenangan.

Sigit menyampaikan hal ini menanggapi pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyakan akan menolak hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU.

Untuk Membunuh Suami, Sang Istri Sewa 2 Pembunuh Bayaran, Begini Kisahnya

"Sikap penolakan atas hasil pemilu tanpa menghadirkan bukti yang dapat diuji dalam proses yang otoritatif merupakan bentuk kesewenang-wenangan. Ia ingin menang sendiri di luar mekanisme demokrasi yang telah disepakati," kata Sigit saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/5/2019).

"Sikap ini berbahaya bagi pelembagaan demokrasi," lanjut dia.

Sigit mengatakan, keptusan KPU harus diterima. Jika berselisih pendapat tentang hasil pemilu, yang harus dilakukan adalah menggunakan mekanisme demokrasi sesuai koridor hukum.

Berencana Serang Tempat Ibadah Termasuk di Indonesia, Polisi Malaysia Tangkap 3 Simpatisan ISIS

"Mengambil jalur di luar kerangka hukum pemilu yang telah disediakan sangat berpotensi mengadu domba rakyat. Ini sangat berbahaya," ujar Sigit.

Meski demikian, Sigit menegaskan, siap apun pihak yang menolak hasil pemilu, termasuk Prabowo, tak akan berpengaruh pada legalitas pemilu.

"Penolakan Prabowo (terhadap hasil pemilu) tidak memiliki dampak legalitas hasil pemilu. Hasil pemilu tetap sah," kata Sigit.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan akan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, Prabowo menganggap telah terjadi kecurangan selama penyelenggaraan pemilu, dari mulai masa kampanye hingga proses rekapitulasi hasil perolehan suara yang saat ini masih berjalan.

"Saya akan menolak hasil penghitungan suara pemilu, hasil penghitungan yang curang," ujar Prabowo saat berbicara dalam acara 'Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Penolakan Prabowo Tak Berdampak pada Legalitas, Hasil Pemilu Tetap Sah"",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved