Kapolres Ngada :Nilai Kekerabatan Menjadi Modal Pembangunan

mencakup dua kabupaten yakni Ngada dan Nagekeo berjalan aman, lancar dan sukses tanpa ada hambatan yang berarti.

Kapolres Ngada :Nilai Kekerabatan Menjadi Modal Pembangunan
Pos Kupang.com/Dion Kota
Kapolres Ngada, AKBP Andhika Bayu Adhittama, S.IK,MH 

Kapolres Ngada :Nilai Kekerabatan Menjadi Modal Pembangunan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Rasa kekerabatan yang cukup tinggi dan kental yang dibalut dalam tatanan adat dan budaya masyarakat di wilayah hukum Polres Ngada yang mencakup kabupaten Ngada dan Nagekeo menjadi modal pembangunan dimasa datang.

Kapolres Ngada, AKBP Andhika B. Adhittama, S.I.K, M.H, mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan umum Rabu 17 April 2019 lalu di dua wilayah hukum Polres Ngada yang mencakup dua kabupaten yakni Ngada dan Nagekeo berjalan aman, lancar dan sukses tanpa ada hambatan yang berarti.

"Hal itu karena di dukung oleh sistem kekerabatan yang kental, sehingga tidak terjadinya gesekan yang dapat mengganggu dan menghambat pelaksanaan agenda nasional," ujar AKBP Andhika, kepada wartawan, Rabu (15/5/2019).

Hari Ini, Potensi Tinggi Gelombang di Tiga Perairan di wilayah Sumba Ini Mencapai 2.0 Meter

Inilah 5 Fakta Drama Korea Strangers From Hell, Drama Comeback Im Siwan & Lee Dong Wook

AKBP mengatakan sistem kekerabatan dan rasa persaudaraan yang dibalut oleh tatanan adat dan budaya yang kuat ini, perlu di lestarikan karena menjadi modal sosial dalam pelaksanaan pembangunan dimasa datang.

"Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Ngada dan Nagekeo, yang telah bersama - sama menjaga situasi sehingga tetap kondusif. Walaupun disana - sini ada riak-riak kecil tapi tidak menimbulkan gangguan Kamtibmas," ujarnya.

Ia mengatakan keadaan itu,sesungguhnya adalah modal dan kekuatan sosial daerah ini. Sebagai Kapolres, terkait dengan pelaksanaan Pileg, pihaknya telah melakukan pemetaan potensi terjadinya gesekan dan sebagai penegak hukum.

Pihaknya telah mengantisipasi dengan menempatkan aparat keamanan dari Polres Ngada dan unsur TNI dari Kodim 1625 Ngada.

"Pelaksanaan Pilnas di dua kabupaten ini, dapat dikatakan berjalan sangat kondusif. Hal itu di dukung oleh semua stakeholder termasuk masyarakat serta kedewasaan dan kematangan politik dari para Caleg itu sendiri," ungkapnya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved