Dinas PMD Malaka Gelar Rakor Pemanfaatan Dana Desa dan Inovasi Desa

Kegiatan yang dibuka Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Malaka, Rabu (15/5/2019). Hadir saat itu, Kepala Dinas

Dinas PMD Malaka Gelar Rakor Pemanfaatan Dana Desa dan Inovasi Desa
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
RAKOR---Rapat koordinasi Pemberdayaan, Pembangunan Inovasi Desa 1 tahun 2019 tingkat Kabupaten Malaka, Rabu (15/5/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN-----Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) menggelar rapat koordinasi dengan para kepala desa dan camat tentang Pemanfaatan Dana Desa 2019 dan Program Pemberdayaan, Pembangunan serta Inovasi Desa 1 tahun 2019.

Kegiatan yang dibuka Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran ini berlangsung
di Aula Kantor Bupati Malaka, Rabu (15/5/2019). Hadir saat itu, Kepala Dinas PMD Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk, Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran dan pimpinan perangkat daerah.

Pada kesempatan itu, Bupati Stef Bria Seran meminta kepada seluruh peserta rakor untuk menyamakan persepsi dan memahami secara tepat pemanfaatan dana desa dan program inovasi desa untuk kemajuan desa masing-masing dari waktu ke waktu.

"Saya minta agar dalam kegiatan ini kita bersama-sama menyamakan persepsi dan memahami bersama sejauh mana pemanfaatan dana desa program inovasi desa ini berguna bagi masyarakat di desa masing-masing," katanya.

Kegiatan Rakor ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan kepada kepala desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Stef Bria meminta kepada seluruh kepala desa untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan dana desa dengan merujuk pada program inovasi desa yang meliputi, pengembangan ekonomi lokal serta kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta pelayanan sosial dasar dan pembangunan infrastruktur desa.

Bupati Stef juga menyentil soal program melawan sampah yang digalakkan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Malaka. Program ini harus menjadi perhatian seluruh camat dan kepala desa.

"Saya minta dengan tegas kepada camat dan kepala desa untuk memperhatikan kebersihan lingkungan desanya, sehingga terlihat bersih, rapi dan asri. Oleh karena itu, harus merekrut tenaga yang bertugas membersihkan lingkungan di desanya," kata Bupati Stef.

Peserta rakor adalah para camat, kepala desa, pimpinan perangkat daerah, pendamping desa dan tenaga ahli. Sedangkan pemateri adalah
Kepala Dinas PMD Provinsi NTT, Kepala Dinas PMD Kabupaten Malaka, Koordinator Tenaga Ahli P3MD Program Inovasi Desa dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. (Kominfo malaka).

RAKOR---Rapat koordinasi Pemberdayaan, Pembangunan Inovasi Desa 1 tahun 2019 tingkat Kabupaten Malaka, Rabu (15/5/2019).
RAKOR---Rapat koordinasi Pemberdayaan, Pembangunan Inovasi Desa 1 tahun 2019 tingkat Kabupaten Malaka, Rabu (15/5/2019). (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved