Terkait Ijin Pengelolaan Hutan di Golo Wunga, Wagub NTT Minta Kades Menelepon Dirinya

kades harus segera membangun komunikasi intens dengan Pemprov NTT terkait percepatan permohonan izin pembukaan jalan baru

Terkait Ijin Pengelolaan Hutan di Golo Wunga, Wagub NTT Minta Kades Menelepon Dirinya
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Wagub NTT, Josef Nae Soi

Terkait Ijin Pengelolaan Hutan di Golo Wunga, Wagub NTT Minta Kades Menelepon Dirinya

POS-KUPANG.COM|BORONG--Wagub NTT, Josef Nae Soi merespon cepat usulan warga Desa Golo Munga, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) guna membangun jalan di kawasan hutan.

Respon Wagu NTT terkait pertanyaan wartawan soal permohonan ijin pengelolaan kawasan hutan guna membangun jalan bagi warga.

Angelius Wake Kako : Ini Kemenangan Kaum Muda, Terimakasih Kepada Masyarakat NTT

Ramalan Zodiak Besok Selasa 14 Mei 2019 Scorpio Siap Siaga Cancer Jangan Sombong Leo Percaya Diri

"Memang harus ada izin. Tidak boleh dipersulit. Tetapi kalau (dibawah 5 hektare itu tidak perlu diskresi dari pihak Kementerian). Itu kan di sini (Dinas Kehutanan Pemprov dan UPT KPH Manggarai Timur)," ujarnya kepada wartawan di sela-sela acara penjemputan Menteri ESDM, Ignasius Jonan di Bandara Frans Sales Lega Ruteng, Jumat (10/5/2019) pagi.

Ia mengatakan, kades harus segera membangun komunikasi intens dengan Pemprov NTT terkait percepatan permohonan izin pembukaan jalan baru menghubungkan Pangcut menuju kampung Ranamasa.

"Suruh Kades Golo Munga telepon saya deh," pinta Wagub NTT.

Ia menegaskan, berdasarkan undang-undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999 menyebutkan bahwa setiap pembangunan jalan raya dalam kawasan hutan lindung wajib untuk mengantongi izin pinjam pakai kawasan dari pejabat berwenang.

Ia berharap kades untuk secara intens membangun komunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kuhatanan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Alumni Universitas Atmajaya Jakarta itu pun meminta pihak Pemerintah Desa Golo Munga dengan Dinas Kehutanan Provinsi NTT untuk saling memahami tugas dan kewajiban masing-masing.

"Yah. Itu kan tinggal pengertian mutual simbiosis (ketergantungan yang saling membutuhkan). Saling pengertian ajalah. Saling pengertian antara pemerintah Desa dengan Dinas Kehutanan Provinsi NTT," ujar Wagub NTT.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved