Amerika Siap Serang Iran? Sudah Kirim Kapal Amfibi dan Sistem Rudal Patriot ke Wilayah Teluk.

Amerika Serikat terus menambah jumlah armada yang dikerahkan ke kawasan Teluk di Timur Tengah, seiring meningkatnya ketegangan dengan Iran.

Amerika Siap Serang Iran? Sudah Kirim Kapal Amfibi dan Sistem Rudal Patriot ke Wilayah Teluk.
AFP / MC2 MAGAN ANUCI
Foto yang dirilis pada Desember 2018 oleh Angkatan Laut AS, menampilkan kapal USS Arlington, yang membawa kapal amfibi dan sistem rudal Patriot. 

Pentagon Kirim Kapal Amfibi dan Sistem Rudal Patriot ke Wilayah Teluk. Amerika Siap Serang Iran?

POS KUPANG.COM, WASHINGTON -- Amerika Serikat terus menambah jumlah armada yang dikerahkan ke kawasan Teluk di Timur Tengah, seiring meningkatnya ketegangan dengan Iran.

Terkini, AS mengumumkan bakal mengerahkan kapal serbu amfibi dan peluncur rudal Patriot, untuk mendukung kapal induk dan pesawat pembom B-52 yang telah diberangkatkan sebelumnya.

Disampaikan Pentagon, Jumat (10/5/2019), pengerahan armada tambahan itu sebagai tanggapan atas ancaman dari Iran.

Pasukan marinir, kendaraan amfibi, sistem pertahanan udara Patriot, yang dibawa membawa kapal USS Arlington, akan bergabung dengan kapal USS Abraham Lincoln.

Nekat Mesum Saat Ramadhan, 9 Pasangan ini Diciduk Pol PP

Manchester City Juara Liga Inggris!

Red Velvet di Puncak Karier, Wendy Justru Merasa Tertekan. Ini yang Dirasakannya

Bintang Drama Korea Jo Soo Hyun Coba Bunuh Diri, Tenggak 20 Pil Tidur

Kapal induk serta satuan tugas pembom B-52 telah diperintahkan menuju kawasan Teluk, setelah Washington menerima laporan intelijen akan rencana serangan dari Iran ke wilayah tersebut.

Komando Sentral AS (CENTCOM), pasukan AS untuk Timur Tengah dan Afghanistan, mengatakan, pada Jumat (10/5/2019), pesawat pembom B-52 telah tiba di wilayah operasi pada 8 Mei, tanpa merinci di mana pesawat itu mendarat.

Penasihat keamanan nasional AS John Bolton, sebelumnya menyatakan, pengerahan armada tersebut sebagai bentuk pesan yang "jelas dan tidak dapat disalahartikan" kepada Iran, mengenai serangan terhadap AS mau pun mitranya di kawasan Teluk.

Washington belum merinci ancaman yang dimaksud datang dari musuh, sehingga memicu kritik yang menyebut bahwa AS telah bereaksi berlebihan dan justru meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Sementara pihak Iran belum memberi tanggapan langsung atas langkah Washington, namun sempat menyebut bahwa AS sedang memainkan perang psikologis.

"Pernyataan Bolton adalah bentuk penggunaan cara yang kedaluwarsa untuk perang psikologis," ujar juru bicara Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Keyvan Khosravi.

Pengerahan armada AS tersebut juga datang usai pernyataan Iran yang menjanjikan bakal meninggalkan kesepakatan nuklir 2015 dan kembali melakukan pengayaan uranium negaranya jika tidak ada kesepakatan baru dalam 60 hari ke depan.*

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentagon Kirim Kapal Amfibi dan Sistem Rudal Patriot ke Wilayah Teluk"

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved