Pemilu 2019

KPU Sikka Sukses Selenggarakan Pemilu 2019 Jujur, Adil, Transparan dan Demokratis

Pihak KPU Kabupaten Sikka Sukses Selenggarakan Pemilu 2019 Jujur, Adil, Transparan dan Demokratis

KPU Sikka Sukses Selenggarakan Pemilu 2019 Jujur, Adil, Transparan dan Demokratis
POS-KUPANG.COM/Foto Polres sikka
Rapat pleno rekapitulasi KPU Kabupaten Sikka di Aula Carmel, Kota Maumere, pekan lalu. 

Pihak KPU Kabupaten Sikka Sukses Selenggarakan Pemilu 2019 Jujur, Adil, Transparan dan Demokratis

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Sikka di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diapresiasi menyelenggarakan setiap tahapan Pemilu serentak 17 April 2019 dengan jujur, adil, transparan dan demokratis hingga selesai pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten.

Penilaian itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Kabupaten Sikka, Fransiskus Stephanus Say, SE, dan Ketua DPC Partai Amanat Nasional Sikka, Philipus Fransiskus, Senin (13/5/2019) di Maumere.

Tepati Janji, Pangdam IX/Udayana Pantau Pelaksanaan Pembangunan Pasar Kaubele, TTU

"Cukup rumit pemilu kal ini pada tataran masyarakat memahami bagaimana memilih. Ada kesulitan sampai hari H, sehingga mereka tidak tahu mau memilih siapa," kata Fransiskus Stephanus.

Menurut Fransiskus Stephanus, eforia Pilpres lebih tinggi dibanding Pileg, sehingga terjadi asal pilih. Pemilih yang kurang paham memilih partai daripada memilih orang.

Pemilu 2019, Tidak Lolos Ambang Batas, Partai Berkarya Benahi Organisasi

Idealnya, saran Fransiskus Stephanus, Pilpres dan Pileg ini dipisahkan penyelenggaraanya. Meski pemilu serentak ini berat, KPU Sikka, lanjut Fransiskus Stephanus, telah berhasil menyelenggarakan Pilpres dan Pileg di Sikka dengan baik.

Secara keseluruhan, Fransiskus Stephanus menilai sejak pencoblosan sampai selesai perhitungan suara dari KPPS, kecamatan dan kabupaten berlangsung lancar dan aman.

"Terjadi selisih angka Pileg antara internal partai bisa saja terjadi. Tapi inilah keputusan rakyat yang harus diterima. Cita-cita besar memajukan Sikka, bukan sekadar mendapatkan kursi," tegas Fransiskus Stephanus.

Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sikka, Philipus Fransiskus, mengakui Pemilu di tingkat lokal berlangsung sukses. KPU Sikka berhasil menyelenggarakan Pemilu presiden dan legislatif secara jujur dan adil. Semua warga negara mendapatkan kesempatan menyalurkan aspirasi politiknya.

"Konteks lokal Sikka, berjalan bagus. Pertarungan sesungguhnya terjadi pada legislatif," kata Philips Fransiskus.

Philips Fransiskus mengakui, konsentrasi pemilih pada Pilpres karena hampir dipastikan pasangan Jokowi-Maruf menang. "Hasil survei partai 90 persen pemilih PAN di wilayah NTT, Papua dan Maluku pemilih Jokowi," imbuh Philips.

Caleg terpilih periode kedua DPRD Sikka mengatakan mekanisme proses penyelesaian masalah Pemilu sudah ditentukan KPU. Semua keberatan diproses berjenjang dari kecamatan, pleno kabupaten, kalau masih ada keberatan ke pleno propinsi dan sampai KPU Pusat.

Ia mengimbau semua pemilih menghargai perbedaan pilihan Pilres dan Pileg 2019. Kedua putra bangsa yang dipilih merupakan yang terbaik. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Egy Moa)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved