Dua Siswa Peserta Ujian Nasional SMK Negeri 1 Aesesa di Nagekeo Tidak Lulus

Ada Dua Siswa Peserta Ujian Nasional SMK Negeri 1 Aesesa di Kabupaten Nagekeo tidak lulus

Dua Siswa Peserta Ujian Nasional SMK Negeri 1 Aesesa di Nagekeo Tidak Lulus
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana acara pengumuman kelulusan Kelas XII SMK Negeri I Aesesa di Aeramo Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Senin (13/5/2019). 

Ada Dua Siswa Peserta Ujian Nasional SMK Negeri 1 Aesesa di Kabupaten Nagekeo tidak lulus

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Dua siswa kelas XII peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Aesesa di Kabupaten Nagekeo dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional.

Dua siswa itu adalah Alfonsius Liguorius Papu, siswa Jurusan Ruminansia (Peternakan) dan Yohanes Theobaldus Buku, siswa Jurusan Elektro.

Pemilu 2019, Merci Piwung Kalahkan Yucun dengan Selisih 388 Suara

Kepala SMK Negeri 1 Aesesa, Drs. Gabriel Kudu, kepada POS-KUPANG.COM membenarkan bahwa dua siswanya tersebut dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional.

Gabriel menyebutkan jumlah siswa peserta UNBK tahun 2019 yaitu 356 orang. Yang lulus hanya 354 orang. Sedangkan dua orangnya dinyatakan tidak lulus yaitu karena tidak mengikuti ujian praktek atau Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). UKK harus wajib diikuti semua peserta UNBK di SMK Negeri I Aesesa.

Siswi Peraih Nilai Tertinggi di Loyola Reinya Febronia Karensanay Pernah Juara Story Telling AMINEF

"Memang dua orang siswa itu tidak ikut ujian praktek atau Ujian Kompetensi Keahlian. Mereka ikut UNBK. Bagaimana mau lulus, ujian wajib itu mereka tidak ikut. Kami cari mereka tapi tidak dapat (untuk ikut ujian praktek)," ujar Gabriel di SMK Negeri I Aesesa Aeramo, Senin (13/5/2019).

Ia menyebutkan tahun 2018 SMK Negeri I Aesesa presentase kelulusannya 100 persen. Sedangkan tahun 2019 mengalami penurunan yaitu hanya 99,4 persen dikarena dua orang tidak lulus.

"Tahun 2019 yaitu 99.4 persen. Sedangjan tahun lalu 100.
Kalau lulus berhak mendapat ijazah dan sertifikat kompetensi. Mereka silakan lamar kedunia kerja dan jika ada yang mau lanjut ke Perguruan tinggi silakan," ujarnya.

Ia berpesan kepada dua orang siswa yang belum lulus silakan ulang atau bisa ikut sekolah paket.

Ia berharap semua siswa menerima hasil yang diperoleh, karena itu sesuai dengan kemampuan mereka selama kurang lebih tiga tahun berada di SMK Negeri I Aesesa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved