VIDEO: Dengar Kelulusan, Siswa SMAN 2 Waingapu Sumba Timur Diwajibkan Kenakan Pakaian Seperti Ini

VIDEO: Dengar Kelulusan, Para Siswa SMAN 2 Waingapu Diwajibkan Kenakan Pakaian Seperti Ini

VIDEO: Dengar Kelulusan, Para Siswa SMAN 2 Waingapu Diwajibkan Kenakan Pakaian Seperti Ini

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU - VIDEO: Dengar Kelulusan, Para Siswa SMAN 2 Waingapu Diwajibkan Kenakan Pakaian Seperti Ini

Sebagai bentuk untuk mencintai budaya di daerah masing-masing, para siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Waingapu, di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT,  mengenakan pakian adat dari daerah asal mereka masing-masing saat datang mendegar pengumuman kelulusan hasil ujian nasional (UN) di sekolah mereka itu.

Salah satu siswa setempat Noviana Lumba Babang (19) kepada POS-KUPANG.COM di sela pengumunan dan penerimaan kelulusan itu mengatakan mereka memakai pakian adat di daerah masing-masing saat datang mendegarkan kelulusan ujian itu sesuai dengan suruhan dari guru.

Namun, selain itu sebagai bentuk mencintai budaya masing-masing daerah.

"Kami hari ini datang terima amplop, jadi sekolah kami diwajibkan untuk memakai pakian adat supaya kami lebih mencintai budaya kami dan kami juga adalah generasi penerus untuk mencintai budaya kami. Kami sangat senang dan sangat mencintai budaya di daerah kami khususnya saya mencintai pakian adat daerah Sumba Timur,"ungkap Noviana.

Siswa lainya Renaldi Umbu N. Kale (19) juga kepada POS-KUPANG. COM menyampaikan hal yang sama.

Renaldi menambahkan, selain sebagai penerus untuk lebih mencintai budaya daerah, juga agar melalui moment seperti itu masyarakat luar Sumba Timur juga mengetahui budaya Sumba khususnya Sumba Timur yang dikenal dengan motif kain tenunnya yang begitu indah dan unik.

Kepsek SMAN 2 Waingapu Nimrot Ndjuka Mbani, S. Pd ketika dikonfirmasi POS-KUPANG. COM usai penyerahan amplop hasil kelulusan itu mengatakan pihak sekolah mewajibkan para siswa memakai pakaian adat di daerah masing-masing.

Hal ini dilakukan agar para siswa lebih mengenal dan mencintai budaya adat di daerahnya.

Halaman
12
Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved