SMP Lentera Kupang Buka Kelas Programer

Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Lentera Kupang membuka Kelas Programer untuk para siswa.

SMP Lentera Kupang Buka Kelas Programer
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kepala SMP Lentera Kupang Elise Lobo saat memantau kelas pemrograman yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Lentera pada Sabtu (11/5/2019) pagi. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Lentera Kupang membuka Kelas Programer untuk para siswa. Kelas Programer itu merupakan salah satu pilihan kelas ekstrakurikuler yang ditawarkan pada siswa kelas 7 dan 8 di sekolah tersebut. Kelas Programer direncanakan berlangsung hingga bulan Desember 2019.

Pembukaan kelas programmer berlangsung di Laboratorium Komputer SMP Lentera yang beralamat di Kelurahan Naikoten 1 Kecamatan Kota Raja Kota Kupang pada Sabtu (11/5/2019) pagi.

GBIS Jemaat Miracle Kupang Adakan Bakti Sosial Layanan Kasih di TPA ALak

Kepala SMP Lentera Kupang Elise Lobo, mengungkapkan, tujuan pembukaan kelas Programer di sekolah itu adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat dan bakat siswa siswi dalam bidang pemrograman dan IT. Elise menjelaskan, program kelas Programmer tersebut menjadi bagian ekstrakurikuler sekolahnya.

Pada hari pertama kelas Programer, para siswa diberikan materi pelatihan pembuatan aplikasi android. Fasilitator pada Kelas Pembuatan Aplikasi Android, Audrey Salean, merupakan siswa alumni SMP Lentera yang saat ini menjadi siswa SMA Lentera. Audrey yang juga merupakan Founder perusahaan Startup Beta Kreatif Flobamora itu menjadi pengajar bagi para siswa dalam pelatihan pembuantan aplikasi android.

19 Jam di Lautan Akibat Patah As, KM Tanjung Jaya Kupang Akhirnya Diselamatkan

Audrey Salean menjelaskan, materi pelatihan android antara lain membuat aplikasi-aplikasi ringan. Misalnya Aplikasi Sains sederhana, Aplikasi Pengingat, Aplikasi Peta dan berbagai aplikasi sederhana untuk keperluan sekolah.

Ia mengatakan, tujuan dari pelatihan tersebut adalah merangsang kreatifitas dan kebiasaan siswa dalam berkarya. "Diharapkan pola pikir peserta pelatihan akan berubah dari hanya sekedar pemakai menjadi kreator," kata Audrey.

Denny Salean, Senior Programmer dari Inodave Software yang juga menjadi pengajar bersama Audrey mengatakan, kelas programmer yang dibuka di SMP Lentera merupaka langkah yang bagus untuk mulai meletakkan dasar bagaimana anak-anak muda sebagai generasi penerus yang melek dan paham IT. Ia menjelaskan, dengan kelas pemrograman yang mengajarkan tentang pemrograman android maka diharapkan para siswa dapat menghasilkan aplikasi untuk masa depan.

"Sederhananya kita ajarkan mereka agar bisa membuat aplikasi progam di hape android mereka," ujarnya.
Wila Rai (13), seorang siswa Kelas 8 yang mengikuti kelas pemrograman tersebut mengaku senang mengikuti kelas yang baru pertama baginya tersebut. Siswa yang menyukai teknologi dan hal yang berbau programing ini berharap setelah mengikuti kelas Programer, dirinya biasa membuat aplikasi sederhana di Anroid.

"Semoga beta nanti bisa bikin aplikasi di Android, bisa juga jadi programmer," katanya kepada POS-KUPANG.COM.

Siswa lainnya, Abelar Mahario Nanianto Putra (13) yang duduk di kelas 7 juga mengungkapkan bahawa Kelas Programer ini merupakan pengalaman pertama baginya. Ia mengakui jika kelas ini merupakan kelas yang menarik dan bermanfaat bagi para siswa khusunya yang menyukai teknologi dan IT.

Ia berharap agar sekolah membuka lebih banyak kelas seperti ini agar menambah wawasan dan kemampuan siswa dalam pengembangan minat dan kecakapan. Ia juga berharap dengan mengikuti kelas ini, ia akan dapat membuat program yang bermanfaat bagi banyak orang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved