Pantai Sulamanda Desa Mata Air, Obyek Wisata yang Mulai Menggeliat

Pantai Sulamanda (Sudah Lama Menanti Anda) di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang

Pantai Sulamanda Desa Mata Air, Obyek Wisata yang Mulai Menggeliat
POS KUPANG/EDY HAYON
Para peserta pelatihan utusan Kampung KB percontohan dari 10 kabupaten se-NTT berpose bersama di Pantai Wisata Sulamanda-Desa Mata Air, Kabupaten Kupang, Jumat (10/5/2019) 

 Pantai Sulamanda Desa Mata Air, Obyek Wisata yang Mulai Menggeliat

POS-KUPANG.COM I MATA AIR--Pantai Sulamanda (Sudah Lama Menanti Anda) di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT kini mulai menggeliat.

Pantai ini menjadi obyek wisata alternatif para warga menghabiskan waktu liburan. Tak tanggung-tanggung, khusus hari Minggu jumlah pengunjung mencapai ratusan orang memadati area ini.

Hal ini diakui Sekertaris Desa Mata Air, Markus Obes kepada wartawan, Jumat (10/5/2019).

Markus mengungkapkan, sejak dibuka untuk umum tahun 2018 lalu, para pengunjung setiap hari mendatangi kawasan wisata pantai ini.

Walaupun penataan kawasan ini belum sempurna tetapi pengunjung menghabiskan waktu untuk melihat pemandangan alam pantai Sulamanda.

Pemilu 2019, Suara Noni Nope Diberikan ke Partai, Caleg Partai Demokrat Dapil NTT 8

Waspada! Potensi Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Terjadi di Perairan Nusa Tenggara Timur

"Kalau hari biasa memang puluhan orang. Paling ramai hari Minggu bahkan jumlahnya ratusan orang. Apalagi sekarang ini pedagang kaki lima sudah ada untuk menjajakan jualannya. Ini obyek wisata alternatif selain di Lasiana," kata Markus.

Menurutnya, fasilitas yang disiapkan memang masih terbatas seperti kamar mandi-water closed untuk pria dan wanita. Selain itu ada aula kecil untuk pengunjung yang menggelar acara ulangtahun ataupun rapat. 

Dalam rencana, kata Markus, akan dibangun aula berukuran agak besar sehingga bisa digunakan instansi pemerintah atau kelompok gereja maupun lembaga manapun yang mau menyelenggarakan kegiatan. Selain itu, direncanakan dibuat kolam ikan, pembuatan lopo-lopo payung di sepanjang pantai.

"Kami juga berencana menyediakan speed boat agar pengunjung bisa gunakan keliling pantai. Semua sudah dalam rancangan. Nanti kami akan komunikasi dengan pihak Dinas Pariwisata Kupang soal rencana ini," kata Markus.

Pada saat inipun sekitar puluhan peserta pelatihan 
Kampung KB tingkat provinsi angkatan 1 dari 10 kabupaten se-NTT mengunjungi kawasan Sulamanda. Mereka merupakan utusan kades, ketua kampung KB,  penyuluh KB, pejabat Dinas KB Kabupaten. Kehadiran mereka untuk studi lapangan sehingga bisa diterapkan di daerah masing-masing.

"Desa Mata Air merupakan kampung KB percontohan di Kabupaten Kupang. Dalam satu seksi memang berkaitan dengan pariwisata. Kita sudah buat sedangkan di kabupaten lain belum. Makanya mereka datang lihat penataan kawasan wisata Sulamanda ini," kata Kades Mata Air, Beni Kanuk yang juga peserta pelatihan kampung KB tingkat provinsi.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved