Kebakaran di Matim, Suami ke Pasar Istri Ikut Arisan Ketika Pulang Rumah Dilalap Jago Merah

Peristiwa kebakaran rumah kembali terjadi di Kampung Lempe, Wae Lengga, Kelurahan Watu Ngene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim)

Kebakaran di Matim, Suami ke Pasar Istri Ikut Arisan Ketika Pulang Rumah Dilalap Jago Merah
POS-KUPANG.COM/ Aris Ninu
Kebakaran di Waelengga Manggarai Timur

Kebakaran di Matim, Suami ke Pasar Istri Ikut Arisan Ketika Pulang Rumah Dilalap Jago Merah

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | BORONG- Peristiwa kebakaran rumah kembali terjadi di Kampung Lempe, Wae Lengga, Kelurahan Watu Ngene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Jumat (10/5/2019) siang.

Kebakaran rumah tersebut terjadi ketika sang suami pergi ke Pasar Aimere untuk berjualan dan sang istri sedang berada di Wae Lengga guna mengikuti arisan.

Ketika pulang pasar dan arisan pasangan suami-istri (Pasutri) ini hanya melihat si jago merah telah meratakan rumah semi permanen mereka.

Brigjen TNI Syaiful Rahman Beri Motivasi Peserta Yang Tak Lolos Tes Taruna TNI AD

Demikian peristiwa naas yang dialami keluarga Fransiskus Janggur, warga Wae Lengga, Matim, Jumat (10/5/2019) siang.

Kejadian itu sungguh mengejutkan warga di Wae Lengga. Pasalnya, kejadian itu membuat Fransiskus dan keluarga pasrah harus kehilangan rumah dan harta benda.

Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK melalui Kasubag Humas Polres Manggarai, Ipda Daniel Djihu kepada wartawan di Ruteng, Jumat (10/5/2019) sore menjelaskan, rumah Fransiskus yang terbakar berukuran 5 x 7 m, konstruksi kerangka balok kayu, dinding pelupu bambu, atap seng dan lantai tanah dan dapur darurat serta tanpa instalasi listrik.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian material yang dialami berupa uang tunai sekitar Rp 4 juta, surat-surat berharga seperti akta kelahiran dan ijazah, perabotan rumah tangga beberapa jenis barang dagangan seperti bawang merah, pakaian dan lain-lain diperkirakan senilai Rp 40 juta,” kata Daniel.

Benyamin Lola: Hasil UN Tidak Berbeda Dengan Tahun Lalu

Ia mengungkapkan,kejadian kebakaran rumah Fransiskus bermula dari sekitar jam 13.30 wita beberapa warga yang berada di Pasar Waelengga melihat ada kepulan asap yang berasal dari arah rumah korban. Warga yang melihat kepulan asap langsung berlari menuju arah kepulan asap. Setibanya di lokasi, warga mendapati rumah korban sudah terbakar dengan posisi api sudah merambat sampai ke bubungan atap sementara sebagian besar badan rumah sudah terbakar.

“Warga pun berusaha memadamkan api tersebut dengan alat seadanya. Akan tetapi karena keterbatasan dan kondisi api yang sudah melalap sebagian besar bagian rumah. Rumah tersebut tetap terbakar dan warga pun tidak sempat menyelamatkan isi perabotan rumah,” ujar Daniel.

Ia mengatakan, saat kebakaran rumah tersebut tidak ada orang di dalam rumah alias tanpa penghuni karena Fransikus ke Pasar Aimere guna berjualan dfan itrinya sedang mengikuti arisan.

“Anak korban pun  sedang berada di sekolah SDK Waelengga dan ipar korban pada saat itu berada di Waelengga,” tutur Daniel.

Petugas Bea Cukai Amankan Ratusan Karung Barang Bekas Asal Timor Leste

Ia mengungkapkan, Polsek Kota Komba sudah melakukan penanganan awal di TKP dengan melakukan pemotretan, mencari barang bukti dan meminta keterangan awal dari para saksi.
 Selain itu, pihak polsek sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPBD Kabupaten Matim dan kelurahan untuk mendata kerugian akibat kebakaran sehingga korban bisa mendapatkan bantuan seperlunya.

“Dari hasil penyelidikan sementara dapat disimpulkan bahwa penyebab kebakaran adalah karena kelalaian. Api bersumber dari sisa sisa api yang belum dipadamkan sepenuhnya di dapur korban karena pada saat itu sempat terjadi angin kencang dan di rumah tersebut tidak terdapat instalasi listrik. Dan dari hasil wawancara dengan  korban dijelaskan selama ini dirinya tidak pernah bermasalah dengan orang lain,” papar Daniel.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved