Tingkatkan Budaya Literasi di Perbatasan, Satgas Yonmek 741/GN Buka Taman Baca di Nelu

Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Kompi Tempur I, Pos Nelu membuka taman baca

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Adiana Ahmad
POS-KUPANG.COM/ Thomas Mbenu Nulangi
Danpos Nelu, Letda Inf Deni Rahman memberikan bantuan buku kepada masyarakat di Dusun Nelu, Desa Sunsea, Sabtu 

Tingkatkan Budaya Literasi di Perbatasan, Satgas Yonmek 741/GN Buka Taman Baca di Nelu

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU- Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Kompi Tempur I, Pos Nelu membuka taman baca dengan menggunakan bangunan balai dusun Nelu, Desa Sunsea, Kecamatan Naibenu, Sabtu (4/5/2019).

Pembukaan taman baca di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste itu tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat sekaligus generasi penerus bangsa yang berada di wilayah tersebut.

Danpos Nelu, Letda Inf Deni Rahman menuturkan, personil Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN dari Pos Nelu telah melaksanakan pembukaan taman baca yang bertempat di balai Dusun Nelu, Desa Sunsea.

Romo Marselinus dan Pendeta Siswati Apresiasi Keberhasilan Polri Amankan Pemilu 2019 di Manggarai

Letda Deni menambahkan, pihaknya juga memberikan bantuan buku bacaan dari berbagai sumber kepada masyarakat Dusun Nelu. Buku bacaan yang diberikan itu dari berbagai sumber baik buku tentang ilmu pengetahun, komik, novel dan juga buku dongeng.

"Kita memang berinisiatif untuk membuka taman baca di Dusun Nelu. Dan buku-buku sumber yang ada itu kita datangkan dari Jakarta," ungkapnya.

Letda Deni mengungkapkan, pembukaan taman baca itu dilakukan sekaligus dengan diadakan perlombaan menggambar dan mewarnai yang diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan baik itu dewasa, pelajar SD dan SMP bahkan kanak-kanak.

Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Pencucian Uang, Polri Siapkan Surat Panggilan Kedua untuk Bachtiar

Dijelaskan, Letda Deni, kegiatan pembukaan taman baca dilakukan untuk membangkitkan minat baca masyarakat Dusun Nelu, Desa Sunsea, demi terciptanya masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Karena kita ketahui bersama bahwa taman baca adalah sarana penting untuk membentuk karakter anak, luasnya wawasan anak, dapat terlihat dari minatnya terhadap bacaan. Melalui buku atau bacaan, itulah cara sederhana meluaskan dunia anak-anak kita," jelasnya.

Salah seorang guru PAUD yang diketahui bernama Yonetha Maria Oematan, mengaku bangga dengan kepedulian dari prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 741/GN di Pos Nelu yang sudah berinisiatif untuk membuka taman baca di Dusun Nelu, Desa Sunseam

BREAKING NEWS- Rumah Warga Lamaknen-Belu Terbakar, Warga Bersama TNI Berjibaku Padamkan Api

Yonetha mengatakan, berbagai buku sumber yang telah diberikan kepada masyarakat Dusun Nelu tersebut akan digunakan dengan sebaik mungkin dalam rangka untuk meningkatkan minat baca sekaligus mencerdaskan anak bangsa yang ada di dusun itu.

"Kami merasa senang atas program taman baca yang digagas oleh Pos nelu Yonmek 741/GN. Kami yakin buku-buku tersebut akan bermanfaat bagi kami yang ada di Dusun Nelu, sehingga warga dusun Nelu bisa mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Yonetha berharap, program yang digagas oleh Satgas Yonmek 741/GN di Pos Nelu dapat terus dilakukan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan budaya literasi di wilayah perbatasan.

"Kami berharap, semoga segala usaha dan kerja keras dari anggota Pos Nelu selalu diberkati oleh Tuhan," ucapnya.

Di Kabupaten Nagekeo-NTT, Stok Beras di Gudang Bulog Danga Aman Hingga Lebaran

Sementara itu, Dankipur I, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN, Lettu Inf Teguh Prasetyo mengatakan, pihaknya telah menginformasikan kepada satuan bawah agar terus intensif melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengatasi setiap persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

Lettu Teguh berharap, dengan adanya pembukaan taman baca di Pos Nelu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Nelu, terutama generasi penerus bangsa yang sementara duduk di bangku sekolah agar giat membaca.

"Harapan kita bahwa apa yang sudah kita berikan dapat membuat mereka semakin pintar dan bisa sukses sampai mereka besar kelak," ungkapnya. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved