Parpol di Ngada Beri Apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Ngada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Ngada mendapat apresiasi positif dari Pimpinan Partai Politik.

Parpol di Ngada Beri Apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Ngada
Dokumentasi KPU
Parpol peserta Pemilu 2019 

Parpol di Ngada Beri Apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Ngada

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY- Pelaksanaan Pemilu Nasional di Kabupaten Ngada telah berlangsung dengan baik.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Ngada mendapat apresiasi positif dari Pimpinan Partai Politik.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Ngada Joseph Bei mengatakan
kesan terhadap Pemilu 17 April tahun 2019 dan puncaknya pada Pleno Pemilu tingkat Kabupaten di KPU Kabupaten Ngada telah berjalan sangat baik,damai,jujur dan demokratis.

Ia mengaku kegiatan berjalan sungguh transparan, jujur ,adil dan hal ini pihaknya perlu memberikan apresiasi atas semangat demokrasi yang terjadi.

Gagal di Pilkada, Nelson Matara Unggul Suara Pileg di Kabupaten Kupang

Pihaknya juga memang kecewa terhadap oknum yang mencoba merusak tatanan politik yang baik dimana ada upaya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum KPPS di TPS 1 desa Ngoranale,Kecamatan Bajawa yang mana suara Caleg Pusat dikurangi cukup signifikan dan terungkap saat adanya perbedaan jumlah suara sah dan tidak sah dan ketika dilakukan perhitungan suara ulang terhadap suara DPR RI terjadi selisih yang cukup besar dengan mengurangi perolehan suara Calon dari Partai Nasdem dan menambah ke calon lain.

Ia menyebutkan persoalan tersebut memang telah dilakukan perbaikan jumlah suara namunnamun perlu diproses kepada oknum yang dengan sengaja mengurangi jumlah suara dan hal tersebut diminta agar Bawaslu melakukan penelusuran sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Ia mengusulkan agar komisioner KPU dalam rangka menyeleksi penyelenggara pemilu di tingkat KPPS PPS dan PPK harus ada surat keterangan kesehatan dari institusi terkait baik sehat jasmani maupun rohani yang dibiayai oleh pemerintah melalui APBN atau APBD untuk meminimalisirkan sakit dan meninggalnya para penyelenggara pemilu di tingkat KPPS, PPS ataupun PPK kemudian perlu peningkatan honorarium para penyelenggara terutama ketika bahwa itu petugas KPPS PPS dan PPK dinaikkan dan dalam merekrut para petugas KPPS PPS dan PPK itu harus lebih diteliti lagi soal kapasitas, kapabilitas dan integritas.

Diprediksi Empat Srikandi Bakal Hiasi Wajah DPRD SBD

"Terima kasih dan apresiasi kepada TNI dan Polri yang sudah menyukseskan sudah mengamankan Timnas 17 April 2019 baik sebelum hari H tanggal 17 April 2019 sesudah hari H dalam mengikuti dalam mengawal suaranya rakyat," ungkap Joseph kepada wartawan, Rabu (8/5/2019).

Sementara ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Ngada Laurensius Nau, memberikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada penyelenggara Pemilu yaitu KPU Kabupaten Ngada yang telah melaksanakan kegiatan pemilu dengan baik, bermartabat dan damai dapat diterima oleh semua pihak.

Ia mengatakan sesuai dengan falsafah orang Ngada yaitu Modhe Modhe Nee Hoga Woe ,Meku Meku Nee Doa Delu iyang artinya untuk hidup saling menghormati dan menghargai dengan semangat persaudaraan bagi partai Gerindra yang mungkin saja belum memperoleh kursi DPRD Kabupaten Ngada pada pemilu 2019 ini merupakan satu keputusan rakyat yang perlu pula dihargai.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved