Berita Pendidikan

Guru Yaswari Ikut Seleksi Calon Kepala Sekolah, Ini Yang Dilakukan

Sebanyak 67 guru pada Yaswari KAK mengikuti seleksi akademik calon kepala sekolah di Aula SMAK Giovanni Kupang, Selasa (3/5/2019).

Guru Yaswari Ikut Seleksi Calon Kepala Sekolah, Ini Yang Dilakukan
Apolonia M Dhiu
Para pengawas dan assesor seleksi calon kepala sekolah di Yaswari 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sebanyak 67 orang guru pada Yayasan Swatisari (Yaswari) Keuskupan Agung Kupang (KAK) mengikuti seleksi akademik calon kepala sekolah di Aula SMA Katolik Giovanni Kupang, Jumat sampai Selasa (3-7/5/2019).

Seleksi akademik calon kepala sekolah dilakukan Yaswari KAK bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTT.

Ketua panitia kegiatan, Marianus Maring, kepada Pos Kupang di SMA Katolik Giovanni Kupang, Sabtu (4/5/2019), mengatakan, seleksi akademik calon kepala sekolah bertujuan menyaring kader pemimpin atau kepala sekolah di lingkungan Yaswari KAK yang beintegritas dan visioner untuk mengelolah pendidikan.

Maria Angelie Terpilih Jadi Duta Bank NTT

Marianus mengatakan, para guru yang mengikuti seleksi akademik berasal dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK di lingkungan Yaswari KAK.

"Panitia membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para guru untuk mendaftar. Namun yang mendaftar hanya 64 orang, dan hadir sebanyak 57 orang, terdiri dari TK lima orang, SD 30 orang, SMP 20 orang dan SMA 2 orang dari 85 sekolah di bawah naungan Yaswari KAK," katanya.

Para guru Yaswari KAK ikut seleksi calon kepala sekolah
Para guru Yaswari KAK ikut seleksi calon kepala sekolah (Apolonia M Dhiu)

Menurut Marianus, para peserta yang lolos dalam seleksi akademik akan mengikuti Diklat yang dilakukan LPMP Provinsi NTT dan akan diberikan sertifikat.

"Mereka ini disiapkan secara baik, sehingga jika ada kebutuhan untuk kepala sekolah, lembaga sudah menyiapkan orangnya," katanya.

Jose Beno dan Anastasia Tebi Janji Ilmu dari BBPP Kupang Siap Diterapkan

Dikatakannya, di era globalisasi, Yaswari KAK membutuhkan kepala sekolah yang visioner dalam mengelolah lembaga pendidikan sehingga mampu meningkatkan dan mengembangkan mutu pelayanan pendidikan agar berjalan lebih maju sesuai dengan perkembangan era digital.

Asesor Ketua, Stefanus Jelau, S.Pd, MM, memberikan apresiasi kepada Yaswari KAK yang merupakan satu-satunya lembaga swasta di NTT yang sudah melakukan seleksi calon pemimpin secara baik.

Halaman
12
Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved