Graziela F Corbafo Gembira Dapat Diklat di BBPP Kupang

Graziela F Corbafo, Ketua Kelompok tani (Poktan) dendeng sapi dari Desa Oesilo, Distrik Oekusi, RDTL gembira berkesempatan mengikuti pendidikan dan

Graziela F Corbafo Gembira Dapat Diklat di BBPP Kupang
Pos Kupang.com/Edy Hayong
Anggota poktan perbatasan RI-RDTL ketika melakukan praktek pembuatan dendeng di BBPP Kupang, Selasa (7/5/2019) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I NOELBAKI-- Graziela F Corbafo, Ketua Kelompok tani (Poktan) dendeng sapi dari Desa Oesilo, Distrik Oekusi, RDTL gembira berkesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang.

Walaupun selama ini kelompoknya sudah mempraktekan pembuatan dendeng, namun masih sederhana.

Untuk itu bekal pengetahuan yang diperoleh ini akan menambah wawasan dalam mengembangkan usaha dendeng di RDTL lebih bagus lagi.Graziela F Corbafo, menyampaikan hal ini di sela-sela mengikuti praktek membuat dendeng oleh tim Widyaswara BBPP Kupang di Noelbaki, Selasa (7/5/2019).

Graziela mengatakan, mengikuti diklat pembuatan dendeng sapi ini merupakan pengalaman pertamanya bersama anggota. Selama ini kelompoknya sejak tahun 2017 bersama lima anggota telah membuat dendeng manis dan asin di Desa Oesilo dan dijual di Dili maupun Oekusi.

Proses pengerjaannya sangat manual yakni menggunakan pisau dan bahan campuranpun sangat sederhana.

Dikatakannya, setelah UNDP yang ada di Oekusi melihat usaha yang dikembangkan ini, mereka kemudian mengajak untuk anggota perdalam ilmu membuat dendeng. Pilihannya ada di BBPP Kupang sehingga dirinya bersama beberapa perwakilan poktan lain datang untuk belajar menambah wawasan.

"Saya senang sekali bisa ikut diklat ini. Saya juga berharap di diklat ini tidak hanya dilatih buat dendeng saja tapi juga baso dan jenis lainnya. Selama ini orang di Oesilo mau makan baso harus datang di Kefamenanu, jadi ini saya kira peluang yang baik untuk kami belajar dan praktekan di sana," katanya.

Disaksikan POS KUPANG.COM, para peserta diklat dibagi dalam empat kelompok. Mereka mendapat pelatihan pembuatan dendeng giling oleh Widyaiswara Ahli Utama. Ir. Wiwiek Yuniarti Costa, M.Si. Pelatih dengan teliti memberikan arahan kepada peserta sambil menunjukan cara membuat dendeng mulai dari persiapan bahan sampai teknik memasak.

Untuk diketahui sebanyak 18 anggota kelompok tani (Poktan) dari perbatasan RI-RDTL tepatnya dari Desa Oesilo, Distrik Oekusi, RDTL sebanyak 7 orang dan dari Napan, Bimoku Utara, TTU (Indonesia) sebanyak  7 orang, menjadi tamu istimewa di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang.

Kehadiran anggota poktan antar kedua negara ini dalam rangka mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan produk daging sapi dan limbah ternak.

Adapun perwakilan poktan dari RDTL yang hadir yakni dari Poktan Taimet, Binoni, Molo Taimet, Sapi Kolen sedangkan poktan dari 

Napan yakni  Cinta Damai, Nununaek, Tafeu, Suka Maju, Bikiu. Sebelum acara pembukaan yang dibuka Kepala BBPP Kupang, rombongan diterima dengan tarian dan diselendangi satu per satu oleh tuan rumah. Usai pembukaan dilanjut dengan buka puasa bersama di BBPP Kupang.

Para anggota poktan akan mengikuti kegiatan dari tanggal 6-10 Mei 2019 di BBPP Kupang didampingi tim Widyaswara dan pada hari terakhir akan melakukan kunjungan ke perusahaan abon dan dendeng di Kupang. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved