Saksi Kecewa, Ketua KPU SBD Main Ketuk Palu Saja

KPU SBD mengklarifikasi beberapa persoalan pada data pleno ppk, selain menjelaskan, pihak KPU juga selalu meminta tanggapan Bawaslu.

Saksi Kecewa, Ketua KPU SBD Main Ketuk Palu Saja
POS KUPANG/PETRUS PITER
Thobias Bulu, S.P, saksi PAN sedang memberikan keberatan pd pleno tingkat kabupaten SBD untuk PPK Loura di aula gedung serba guna SBD, Minggu (5/5/2019). 

Saksi Kecewa, Ketua KPU SBD Main Ketuk Palu Saja

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--Saksi Partai Gerindra, Emanuel Wihelmus Theedens, SIP, Saksi PAN, Thomas Bulu, S.P dan saksi PPP, Arifin Ibrahim mengaku kecewa dengan sikap ketua KPU SBD, Mikael Bulu, S.H yang main ketuk palu saja tanpa memberi ruang menyelesaikan setiap persoalan atau keberatan yang disampaikan para saksi.

Yang terjadi selama dua hari pleno rekapitulasi perhitungan prolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat Kabuoaten SBD semenjak Sabtu (4/5/2919) dimana setelah ppk membacakan data hasil pleno ditingkat ppk, lalu ketua KPU SBD, Mikael Bulu, S.H memberi ruang kepada para saksi atau Bawaslu menanggapinya.

Bila para saksi bersuara lantang meminta KPU SBD mengklarifikasi beberapa persoalan pada data pleno ppk, selain menjelaskan, pihak KPU juga selalu meminta tanggapan Bawaslu.

Dan jika komentar atau tanggapan Bawaslu sejalan KPU maka ketua KPU langsung mengetok palu mensahkan hasil pleno tanpa meladeni keberatan saksi. Ketua KPU SBD hanya meminta para menulis keberatan itu pada lembaran yang tersedia.

Kejurda Taekwondo Walikota Cup Digelar Pada Bulan Juli

Pendeta Yontus: Pleno di PPK Weliman Transparan dan Demokratis

Nasdem Kunci 2 Kursi Di Dapil IV, TTS

Baginya ketiganya, pleno ditingkat KPU SBD merupakan momentum untuk mengklierkan semua persoalan yang terjadi ditingkat PPK yang belum dapat terselesaikan pada pleno di Kecamatan. Karena itu jangan hanya meminta saksi menulis keberatan pada lembaran keberatan yang disiapkan tetapi harus diselesaikan sebelum disahkan oleh ketua KPU SBD selaku pimpinen pleno.

Ketua KPU SBD, Mikael Bulu, S.H dalam penjelasannya terhadap keberatan para saksi, bahwa semua keberatan itu telah disampaikan para saksi saat pleno di kecamatan dan sudah diselesaikan.

Saat itu PPK membuka c1 plano hingga membuka kotak suara menghitung kembali untuk mencocokan data itu. Jadi semua persoalan sudah beres. Pleno kabupaten hanya membacakan data hasil pleno ppk itu.

Fransiskus G.Nani, PPK Loura mengatakan, keberatan itu sudah disampaikan saksi pada saat pleno di ppk Loura.

Ramalan Zodiak Hari Ini, Senin 6 Mei 2019, Capricorn Semangat Tinggi, Aries Ingin Bebas Mutlak

Live Streaming Arsenal vs Brighton di Liga Inggris, Minggu (5/5) Jam 22.30 WIB Malam Ini

Dan sudah diselesaikan dengan membuka C1 plano bahkan membuka kembali kotak suara untuk menghitung ulang demi mencocokan data.

Semua klier. Dan data yang dibacakan tadi adalah data hasil pleno ppk kecamatan.

Persoalanya, kebanyakan saksi parpol tidak hadir saat pleno ditingkat ppk Loura sehingga tidak memperoleh data yang akurat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved