Pesawat Sukhoi Superjet-100 Mendarat Darurat Akibat Tersambar Petir, 41 Penumpang Tewas

Pesawat Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot terbakar ketika mendarat di Bandara Sheremetyevo dengan membawa 78 penumpang dan kru.

Pesawat Sukhoi Superjet-100 Mendarat Darurat Akibat Tersambar Petir, 41 Penumpang Tewas
DailyMail.com
Setidaknya 41 orang tewas, termasuk dua anak-anak dan seorang pria Amerika, setelah kecelakaan jet yang mendarat darurat dan terbakar di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Minggu. Kapten pesawat mengatakan kecelakaan itu disebabkan oleh sambaran petir. 

MOSKWA, KOMPAS.com - Pesawat penumpang Rusia mendarat di landasan bandara tersibuk di Moskwa dengan api besar sehingga menewaskan 41 orang pada Minggu (5/5/2019).

Pesawat Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot terbakar ketika mendarat di Bandara Sheremetyevo dengan membawa 78 penumpang dan kru.

Kantor berita AFP, Senin (6/5/2019), melaporkan sang pilot menyebut kilat memicu pesawat harus mendarat darurat.

Meski penyelidik sedang mencari tahu penyebab kebakaran tersebut, pilot Denis Yevdokimov mengatakan, pesawat kehilangan komunikasi dan harus berganti pada mode kendali darurat karena kilat menyambar saat pesawat menuju kota Murmansk.

Pilot tersebut tidak menjelaskan secara rinci apakah pesawat terkena petir secara langsung atau tidak.

"Kami berhasil memulihkan komunikasi melalui frekuensi darurat pada koneksi radio," katanya.

"Tapi terhubung untuk sesaat dan terus terputus. Hanya bisa melaporkan beberapa kata saja," ujarnya kepada harian Komsomolskaya Pravda.

Penumpang bergegas untuk mengevakuasi jet setelah melakukan pendaratan darurat di Moskow pada hari Minggu, dengan selamat mengeluh bahwa beberapa orang berhenti untuk mengambil tas mereka, memperlambat operasi
Penumpang bergegas untuk mengevakuasi jet setelah melakukan pendaratan darurat di Moskow pada hari Minggu, dengan selamat mengeluh bahwa beberapa orang berhenti untuk mengambil tas mereka, memperlambat operasi (DailyMail.com)

Yevdokimov meyakini kebakaran yang terjadi saat pendaratan disebabkan oleh tanki bahan bakar penuh.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat mendarat dengan keras dan kemudian melaju di landasan pacu dengan kebakaran pada bagian belakang.

Penumpang terlihat turun dari seluncur darurat di bagian depan pesawat dan berlari menjauh dari si burung besi. Sementara, terlihat asap hitam mengepul ke langit.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved