Gubernur Laiskodat Tantang Kopdit Obor Mas dan Pintu Air Punya Usaha Kreatif

Kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Tantang Kopdit Obor Mas dan Pintu Air Punya Usaha Kreatif

Gubernur Laiskodat Tantang Kopdit Obor Mas dan Pintu Air Punya Usaha Kreatif
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menandatangani prasasti peresmian Kantor KSP Kopdit Primer Nasional Pintu Air di Rotat, Kecamatan Nita, 12 Km arah barat Kota Maumere, Pulau Flores, Senin (6/5/2019). 

Kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Tantang Kopdit Obor Mas dan Pintu Air Punya Usaha Kreatif

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Motivasi hebat diberikan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat kepada ratusan anggota KSP Kopdit Obor Mas dan KSP Kopdit Primer Nasional Pintu Air, Senin (6/5/2019) di Aula Nawacita Universitas Nusa Nipa Maumere, Pulau Flores.

Tidak jamannya, kata Viktor Laiskodat, setiap tahun menjelang rapat anggota tahunan, manajemen Kopdit melaporkan kemajuan aset, modal usaha, jumlah anggota dan sisa hasil usaha. Semestinya yang dilaporkan banyaknya usaha kreatif anggota koperasi.

DPRD TTU Bentuk Pansus Bahas LKPJ Bupati Raymundus

"Saya minta Kopdit Obor Mas dan Pintu Air lakukan ini," ujar Viktor Laiskodat menjadi pembicara tinggal seminar mendorong peningkatan usaha ekonomi produktif.

Viktor Laiskodat bicara berapi-api menegaskan anggota koperasi i bisa melakukannya. Ia mencontohkan usaha minyak sereh, minyak kelapa, ikan, ternak babi, tenun ikat, kopi, kakao, sabun dan shampo. Jika produk UKM dan koperasi mampu memenuhi kebutuhan di NTT, pemerintah akan melaukan proteksi.

Bupati Ray Fernandes: Kinerja Pemerintah Kabupaten TTU Tahun 2018 Baik

"Tiap tahun kita belum sabun dan shampo hampir Rp 3 triliun. Kalau uang sebanyak itu beredar di NTT lebih bagus. Kalau minyak kelapanya bagus dan banyak, minyak dari luar kita batasi masuk ke NTT. Pemerintah akan lakukan langkah itu," tegas Viktor disambut tepuk tangan anggota.

Menurut Viktor Laiskodat, sinergi kekuatan dan potensi pemerintah dan koperasi disatukan dengan sumber daya manusia yang bagus kelak melahirkan kekuatan hebat.

Kita jalan sama-sama selesai. Tugas pemeritah siapkan regulasi untuk `back up koperasi. Produk yang tumbuh bisa dilindungi oleh pemerintah maka ekonomi akan tumbuh bagus. Kesejahteraan lebih cepat tercapai.

Viktor Laiskodat mengakui simpan pinjam Kopdit jalan bagus. Yang dicari hanya keuntungan dari jual uang. Tapi jualan produk pertanian, nelayan, peternakan dan industri pengolahan belum maju.

General Manajer (GM) KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering, mengakui kredit usaha rakyat (KUR) yang dikelola Obor Mas belum terserap maksimal anggota. Syarat utama pemberian pinjaman ini kepada anggota yang punya usaha produktif, kebanyakan anggota belum punya usaha.

Frediyanto mengaku senang sekali dengan motivasi yang diberikan gubernur yang disambut positif anggota.

"Saya harap banyak pada usaha tenun ikat. Kami sudah kasih modal kepada satu anggota untuk beli semua tenunan, kemudian diolah dalam bentuk lain, baju, tas dan bermacam produk. Yang jadi soal serapan pasar rendah. Kita harapkan ini bisa ditolong pemasaran keluar," ujar Frediyanto.

Gubernur Viktor Laiskodat tiba di Maumere Senin pagi mengunjungi Kantor Pusat KSP Kopdit Primer Nasional Pintu Air menandatangani prasasti kantor baru yang diresmikan Wakil Gubernur NTT, Drs.Yosef Nae Soi, Jumat (3/5/2019) di Rotat, Kecamatan Nita, 12 Km arah barat Kota Maumere. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved