Renungan Harian Kristen Protestan

Renungan Harian Kristen Protestan 5 Mei 2019:Alkisah Tentang Suami Pukul Sapi"

Musa "sang pangeran muda dari Mesir" berusaha menolong orang Israel bangsanya sendiri menurut cara dan gayanya sendiri (dua kali) tetapi gagal.

Renungan Harian Kristen Protestan 5 Mei 2019:Alkisah Tentang Suami Pukul Sapi
Dok Pribadi
Pendeta Messakh Dethan

Renungan Harian Kristen Protestan 5 Mei 2019
Oleh: Pdt DR Mesakh A P Dethan MTh
"Alkisah Tentang Suami Pukul Sapi"

KADANG kita punya maksud baik, tetapi maksud baik itu belum tentu tepat. Karena apa yang menurut kita baik belum tentu bagi orang lain juga baik bagi Tuhan.

Ini sebetulnya yang dialami Nabi Musa. Musa "sang pangeran muda dari Mesir" berusaha menolong orang Israel bangsanya sendiri menurut cara dan gayanya sendiri (dua kali) tetapi gagal.

Pada waktu ingin menolong Israel dengan cara dan waktu yang ia tentukan sendiri tetapi ia gagal seperti yang diceritakan dalam Keluaran 2:11-14.

"Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu.

Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir" (Keluaran 2:11-12).

"Ketika keesokan harinya ia keluar lagi, didapatinya dua orang Ibrani tengah berkelahi. Ia bertanya kepada yang bersalah itu:

"Mengapa engkau pukul temanmu?" Tetapi jawabnya: "Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim atas kami?

Apakah engkau bermaksud membunuh aku, sama seperti engkau telah membunuh orang Mesir itu?" Musa menjadi takut, sebab pikirnya: "Tentulah perkara itu telah ketahuan." (Keluaran 2:13-14).

Sehingga akhirnya Musa melarikan diri ke Median (Keluaran 3:15). Musa yang mau menyelamatkan bangsanya menurut cara dan gayanya sendiri telah gagal dan bahkan menjadi buronan Firaun,

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved