Gebyar Literasi di TBM Pelangi Agupena Mewarnai Hardiknas 2019.

Gebyar Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pelangi Agupena Flotim dalam rangka menyongsong memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 d

Gebyar Literasi di TBM Pelangi Agupena Mewarnai Hardiknas 2019.
Istimewa
Suasana Gebyar Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pelangi Agupena Flotim 

POS KUPANG.COM -Gebyar Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pelangi Agupena Flotim dalam rangka menyongsong memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 diisi dengan berbagai kegiatan.

Mulai dari jalan santai, latihan membaca puisi kreatif, menulis puisi untuk guru, menulis surat untuk Menteri Pendidikan Republik Indonesia (RI), apresiasi puisi dan berpidato.

Jalan santai menjadi pembuka gebyar literasi pada Rabu 1 Mei 2019. Kegiatan ini melibatkan anggota TBM.Pelangi didampingi orang tuannya. Peserta menempuh jarak kurang lebih 4 km dimulai dari halaman TBM.

Pelangi di Kelurahan Sarotari Tengah, terus menuju ke jalan bawah hingga ke Kelurahan Puken Tobi Wangi Bao hingga kembali ke titik star dan dilanjutkan dengan Senam Flobamora.

Pada hari yang dama, tepat pkl. 15.00 WITA, anak -anak TBM Pelangi, TBM Mutiara dan TBM. Sarotari, kembali berkumpul bersama mengikuti kegiatan latihan membaca puisi kreatif, menulis puisi untuk guru dan menulis surat untuk Menteri Pendidikan Republik Indonesia.

Zaeni Boli dan Eva Larantukan pada kesempatan itu memberi tips-tips membaca puisi kreatif.Selanjutnya mendampingi peserta mempraktekan cara membaca puisi kretaif.

Liga Indonesia- Semen Padang Optimis Bisa Capai Target di Liga 1

Menurut Zaeni Boli, Seniman Nara Teater, membaca puisi kreatif artinya membaca puisi dengan gaya, ekspresi dan intonasi yang tidak biasa atau pada umumnya. "Jika adik-adik ingin menampilkan puisi yang kreatif dan menatik simpati.

Pertama harus tampil keren. Percaya diri dan menikmati puisi yang dibaca. Jangan ada beban.Masuk dan rasakan kekuatan puisi itu sendiri,"kata Zaeni.

Piala Indonesia- Jelang versus Borneo FC di Leg Kedua 8 Besar,  Pemain Persib Bandung Banyak Cedera 

Eva Larantukan, penyair cilik Flores Timur menambahkan. Untuk bisa tampil percaya diri dalam membacakan puisi di hadapan publik, ketekunan latihan itu penting.

"Orang mengatakan saya membaca puisi bagus, rahasia saya sederhana, saya sering latihan sendiri di depan cermin, nonton orang membaca puisi yang kreatif di YouTube dan saya mengikuti gaya -gaya mereka menyesuaikan dengan gaya khas saya,"ungkap Siswa yang meraih juara I Lomba membaca puisi tingkta Kabupaten tahun 2018 ini.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved