TKN: Pemindahan Ibu Kota Hal yang Biasa, Kita Bisa Contoh Malaysia

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, rencana pemindahan ibu kota negara hal biasa

TKN: Pemindahan Ibu Kota Hal yang Biasa, Kita Bisa Contoh Malaysia
Kompas.com/ Haryantipuspasari
Juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily 

TKN: Pemindahan Ibu Kota Hal yang Biasa, Kita Bisa Contoh Malaysia

POS-KUPANG.COM- Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, rencana pemindahan ibu kota oleh presiden Joko Widodo tentu telah melalui proses pengkajian yang dalam.

Ia mengatakan, pihak BPN seharusnya tahu bahwa pemindahan ibu kota biasa terjadi di beberapa negara. "Seharusnya BPN tahu bahwa pemindahan Ibukota itu sesuatu yang biasa saja. Kita bisa mencontoh negara tetangga. Malaysia memindahkan Ibukotanya dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya. Hal yang biasa," kata Ace saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/4/2019).

Ace mengatakan, rencana pemindahan ibu kota tetap harus ditindaklanjuti dengan melihat dari sisi pemerataan pembangunan dan penguatan NKRI.

Jelang Resepsi Nikah Syahrini-Reino Barack, Suami Inces Malah Bongkar Aib Luna Maya

"Aspek pemerataan pembangunan dan penguatan NKRI. Ibukota Indonesia ke depan harus melihat dari aspek adanya kepentingan pembangunan Indonesia yang merata," ujarnya.

Selanjutnya, Ace mengatakan, pemindahan ibu kota juga dilihat dari sisi ekonomi, sosial budaya pemindahan dan administrasi pemerintahan.

"Harus dipertimbangkan pemindahan Ibukota tidak membuat pemerintah pusat menjadi tidak efisien dan menambah beban negara," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo yakin pemindahan ibu kota dari Jakarta terwujud suatu hari nanti. Oleh sebab itu, Jokowi pun menekankan persiapan yang matang demi mewujudkan hal itu.

Hari Terakhir WP Badan Laporkan SPT Tahunan, Begini Suasananya

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta pada Senin pagi saat membahas pemindahan ibu kota.

Di sisi lain, Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Mursyidan Baldan, menilai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perihal pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta.

Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) tersebut menuturkan bahwa urgensi hingga tujuan dari pemindahan tersebut menjadi poin penting.

"Tadi saya katakan dasar pikir untuk pemindahan itu, termasuk kategori tadi urgensinya dan apa yang dicapai dari pemindahan itu," kata Ferry saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TKN: Pemindahan Ibu Kota Hal yang Biasa, Kita Bisa Contoh Malaysia", https://nasional.kompas.com/read/2019/04/30/14333631/tkn-pemindahan-ibu-kota-hal-yang-biasa-kita-bisa-contoh-malaysia.
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Sabrina Asril

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved