Mengenal Rumah Sampah di Kota Kupang, Memilah Sampah Menabung Emas

Mengenal Rumah Sampah di Kelurahan Oebufu Kota Kupang, Memilah Sampah Menabung Emas

Mengenal Rumah Sampah di Kota Kupang, Memilah Sampah Menabung Emas
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Warga RW 05 Oebufu foto bersama di Rumah Sampah di samping Hotel Romyta Kelurahan Oebufu Kota Kupang, Senin (29/4/2019). 

Mengenal Rumah Sampah di Kelurahan Oebufu Kota Kupang, Memilah Sampah Menabung Emas

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Di Kota Kupang kini hadir Rumah Sampah yang beralamat di RW O5, Samping Hotel Romyta Kelurahan Oebufu Kota Kupang. Senin (29/4/2019).

Rumah Sampah yang bertemakan 'Memilah Sampah Menabung Emas' merupakan buah KERJASAMA antara PT. Pegadain (Persero) Area Kupang dengan Pemerintah Kota Kupang.

Rumah tersebut didirikan di atas lahan milik Pemkot Kupang. Di halaman depan rumah terpampang jelas tulisan 'Memilah Sampah Menabung Emas'.

Universitas Kristen Artha Wacana Kupang Gelar Paskah Bersama

Tulisan tersebut bukan sekedar kata-kata penyemangat. Bagi warga yang rajin memilah sampah dan mau menjulnya di Rumah Sampah akan mendapat emas dalam bentuk tabungan.

Demikian dijelaskan oleh Erens Blegur, selaku Senior Manager Penjualan PT. Pengadain Area Kupang, di Rumah Sampah, Senin (29/4/2019).

Erens mengatakan ke depan Rumah Sampah tersebut akan dikelola oleh pihak Kelurahan Oebufu dalam kerjasama dengan PT. Pegaadain. "Besok ada Walikota Kupang hadir untuk meresmikan rumah sampah ini, mulai pukul 08.00," ungkapnya.

Bertambah, Penyelenggara Pemilu di NTT yang Meninggal, Ini Jumlahnya

Lanjutnya, pihak Pegadaian juga menyediakan dua unit motor sampah. "Warga yang kumpul banyak sampah di rumahnya nanti akan didatangi, sampahnya akan diangkut dengan motor sampah," ungkapnya.

Terkait jenis sampah yang bisa dijual, saat ini, kata Erens kertas dan sampah-sampah berbahan plastik. Siapa saja atau warga mana saja di Kota Kupang bisa menjual di Rumah Sampah.

Erens mengaku bahagia karena warga setempat menyambut antuasias pendirian Rumah Sampah. Menurutnya hal tersebut merupakan awal yang baik untuk mengembangkan rumah sampah.

Erens mengatakan, keberadaan rumah sampah sekaligus mendukung upaya Pemkot Kupang mengatasi masalah sampah di Kota Kupang. "Pada prinsipnya pegadaian hadir di tengah masyarakat juga memberikan kontribusi bagi pembagunan di mana saja pegadaiaan berada," ungkapnya.

Ketua RW 05, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan dirinya mewakili masyarakat setempat berterima kasih sekaligus mengapresiasi PT. Pegadaiaan Area Kupang yang mau hadir memberikan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi sampah.

Selain itu, kata dia, dengan adanya rumah sampah ini masyarakat juga bisa berkesempatan meningkatkan perekonomiannya. "Yah saya berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan sungguh-sungguh oleh masyarakat," ungkapnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, beberapa warga silih berganti datang melihat di Rumah Sampah tersebut. Mereka sudah tak sabar menunggu Rumah Sampah tersebut mulai beroperasi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved