Kerja Sama dengan 14 Perguruan Tinggi, Cara Risma Selamatkan Anak Putus Sekolah di Surabaya

Jalin Kerja Sama dengan 14 Perguruan Tinggi, Cara Risma Selamatkan Anak Putus Sekolah di Surabaya

Kerja Sama dengan 14 Perguruan Tinggi, Cara Risma Selamatkan Anak Putus Sekolah di Surabaya
KOMPAS.com/Dok. Pemkot Surabaya
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, memberikan motivasi dan pembinaan kepada anak-anak dan mahasiswa dalam acara Gathering Campus Social Responsibility di Universitas Surabaya, Minggu (28/4/2019). 

Jalin Kerja Sama dengan 14 Perguruan Tinggi, Cara Risma Selamatkan Anak Putus Sekolah di Surabaya

POS-KUPANG.COM | SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Sosial (Dinsos) menjalin kerjasama dengan 14 Perguruan Tinggi di Surabaya.

Kerjasama itu dijalin dalam bentuk program Campus Social Responsibility (CSR), yakni pendampingan untuk anak putus sekolah dan rawan putus sekolah.

Program yang digagas sejak tahun 2014 itu, kata Risma, misi utamanya adalah mendampingi dan membantu anak usia sekolah lewat pendampingan mahasiswa.

Sukacita Anak-anak KBHTM Rayakan Paskah di Biara Simeon Ledalero

"Dengan pendidikan yang baik, kita bisa mengangkat derajat kita, bukan hanya diri pribadi, tapi juga bangsa dan negara kita," kata Risma dalam acara Gathering Campus Social Responsibility di Universitas Surabaya (Ubaya), Jalan Raya Kali Rungkut, Minggu (28/4/2019).

Remaja PMKS yang Terjaring Razia Satpol PP CSR dinilai cara alternatif yang tepat untuk memitigasi potensi anak putus sekolah tersebut.

Mahasiswa dinilai mampu mengatasi problem adik asuh melalui pendekatan persuasif. Melalui program tersebut, kata Risma, diharapkan mahasiswa sebagai pendamping mampu mentransfer perilaku dan kebiasaan-kebiasaan baik kepada adik asuhnya.

PKB Sementara Kumpulkan Suara Terbanyak

Rismaharini menyampaikan, permasalahan pendidikan tak lepas dari berbagai faktor. Faktor lain faktor masalah ekonomi keluarga, masalah lain adalah kemauan anak-anak untuk menempuh pendidikan.

Karena itu, melalui program CSR itu, Pemkot Surabaya ingin menyelamatkan masa depan generasi muda, serta memutus mata rantai permasalahan sosial sejak dini, melalui mahasiswa yang berperan sebagai pendamping dan kakak.

Pada kesempatan itu, Risma memberikan motivasi penguatan kepada 350 adik-adik yang menjadi anak asuh program CSR tersebut, agar terus bersemangat menempuh pendidikan. Risma juga mengapresiasi para mahasiswa yang dengan sabar dan tekun membimbing adik asuhnya agar terus bersemangat untuk menempuh pendidikan sekolah.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved