Pemilu 2019

Jokowi-Ma'ruf Tetap Unggul di Gunungkidul Saat Pemungutan Suara Ulang, Berikut Datanya

Pasangan Jokowi-Maruf Tetap Unggul di Gunungkidul Saat Pemungutan Suara Ulang, Berikut Datanya

Jokowi-Ma'ruf Tetap Unggul di Gunungkidul Saat Pemungutan Suara Ulang, Berikut Datanya
KOMPAS.com/HENDRA CIPTA
Salah seorang warga memberikan hak suaranya di pemungutan suara ulang di TPS 07, Komplek Pondok Pelangi, Jalan Karya Baru, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (25/4/2019). 

Pasangan Jokowi-Maruf Tetap Unggul di Gunungkidul Saat Pemungutan Suara Ulang, Berikut Datanya

POS-KUPANG.COM | YOGYAKARTA - Pemungutan Suara Ulang ( PSU) di 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, kurang diminati. Di salah satu TPS, bahkan pemilih yang datang kurang dari 50 persen. Diduga warga memilih bekerja dibandingkan mengikuti PSU.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, pemungutan ulang yang dilakukan hari Sabtu (27/4/2019) kemarin di dua TPS yakni TPS 16, Dusun Candi, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, dan TPS 18 Dusun Bali, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, berjalan dengan baik.

Banjir di Kembangan Utara Tinggi 100 Sentimeter, 60 KK Belum Kembali ke Rumah

Adapun pemilih di TPS 18 Dusun Bali dari DPT 200 orang namun pada pemilu Rabu (17/4/2019) lalu diikuti 169 orang. Sayang, pada saat PSU hanya diikuti 144 orang, dan 2 orang pemilih khusus.

"Untuk saat pemilihan 17 April lalu di TPS Girisekar, diikuti 84,5 persen dari DPT. Namun saat PSU diikuti 73 persen," katanya saat dihubungi Kompas.com melalui telepon Minggu (28/4/2019).

Aa Gym Berduka, Ibundanya Yetty Rochayati Meninggal Dunia Setelah Satu Malam Dirawat di Rumah Sakit

Untuk TPS 16 Dusun Candi total DPT yakni 216, dalam Pemilu Rabu (17/4/2019) lalu diikuti 216 pemilih, atau 75 persen dari total DPT. Saat PSU hanya diikuti 103 orang dari DPT ditambah 3 orang pemilih khusus, atau tingkat partisipasinya hanya 49,05 persen.

Diakuinya penurunan cukup signifikan ini karena sebagian besar warga di dua desa tersebut bekerja di luar daerah, dan tidak libur saat PSU.

Seperti di Desa Tegalrejo, sebagian penduduknya bekerja di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Padahal sebagi buruh harian lepas hari Sabtu merupakan pembayaran honor.

"Dari informasi di lapangan, mereka memilih bekerja dibandingkan mengikuti PSU. Begitu juga yang di Desa Girisekar, banyak penduduk yang bekerja di wilayah Bantul. Mereka tidak pulang," ujarnya.

Disinggung mengenai perolehan suara dalam PSU untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden ini, Hani tidak mau menjawab.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved