Pemilu 2019

Ini Alasan Bawaslu Tanah Datar Tutup Kasus Dugaan Pidana Tercecernya Surat Suara di Kampar

Ini Alasan Bawaslu Tanah Datar Tutup Kasus Dugaan Pidana Tercecernya Surat Suara di kampar

Ini Alasan Bawaslu Tanah Datar Tutup Kasus Dugaan Pidana Tercecernya Surat Suara di Kampar
KOMPAS.com/ CITRA INDRIANI
Surat suara pemilihan umum 2019 yang ditemukan Bawaslu Kampar di pinggir jembatan di Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau 

Ini Alasan Bawaslu Tanah Datar Tutup Kasus Dugaan Pidana Tercecernya Surat Suara di kampar

POS-KUPANG.COM | PADANG - Bawaslu Tanah Datar Sumatera Barat menutup kasus dugaan pidana pemilu terkait tercecernya surat suara KPU Tanah Datar ke Salo, Kampar, Riau beberapa waktu lalu.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Tanah Datar, Hamdan, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/4/2019).

"Dugaan pidana pemilunya sudah kami plenokan. Hasilnya, tidak memenuhi unsur sehingga kasus ini kita tutup," kata Hamdan.

Arsul Sani Menilai Tanpa PAN, Kekuatan Partai Koalisi Jokowi-Maruf Sudah Cukup

Hamdan menyebutkan, Bawaslu sudah meminta keterangan dari sejumlah saksi mulai dari KPU Tanah Datar, Bawaslu Kampar, Riau, hingga saksi yang menemukan surat suara di Kampar.

Sementara, untuk saksi kunci yaitu sopir ekspedisi yang mengantar surat suara ke KPU Tanah Datar, hingga saat ini Bawaslu belum menemukan yang bersangkutan.

"Ekspedisi yang mengantar surat suara ini Indah Group, kantornya ada di Jakarta. Kami sudah berusaha mengontak, tapi belum berhasil. Sementara batas waktu dugaan pidana pemilu ini hanya tujuh hari," kata Hamdan.

Burung Pulau Afrika Harga Belasan Juta Ikut Lomba Burung Berkicau di Kota Kupang

Hamdan mengatakan, Bawaslu belum berani melanjutkan kasus tersebut ke tahap selanjutnya karena bukti yang dimiliki belum cukup.

"Setelah semua komisioner rapat, akhirnya kami plenokan kasus pidana ini tidak dilanjutkan karena bukti belum lengkap," ujar Hamdan. (Kompas.com/Perdana Putra)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawaslu Tanah Datar Tutup Kasus Dugaan Pidana Tercecernya Surat Suara di Kampar", https://regional.kompas.com/read/2019/04/28/14 532251/bawaslu-tanah-datar-tutup-kasus-dugaa n-pidana-tercecernya-surat-suara-di.

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved