Di Kabupaten Ende, Ini yang Dilakukan Aktifis Lingkungan di Bukit Pedja Rodja

Adapun jenis pohon yang ditanam meliputi pohon mahoni sebanyak 125 anakan dan pohon tanjung sebanyak 150 anakan serta pohon pinang hias sebanyak 25

Di Kabupaten Ende, Ini yang Dilakukan Aktifis Lingkungan di Bukit Pedja Rodja
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Foto Bersama/Para aktifis lingkungan berfoto bersama seusai menanam pohon di Bukit Pedja Rodja, Minggu (28/4/2019). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Sebanyak 150 orang aktifis peduli lingkungan di Kota Ende melakukan kegiatan aksi bersih dan penanaman pohon di Bukit Pedja Rodja, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan,Kabupaten Ende, Minggu (28/4/2019).

Ketua Panitia, Hariyanto S Effendy mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan kampanye alam dalam bentuk penanaman pohon dan aksi bersih sampah serta edukasi pengelolaan sampah dalam rangka peringatan hari bumi.

Adapun jenis pohon yang ditanam meliputi pohon mahoni sebanyak 125 anakan dan pohon tanjung sebanyak 150 anakan serta pohon pinang hias sebanyak 25 anakan.

Tema tersebut dipilih meingat Pedja Rodja berpotensi menjadi area wisata yang menjanjikan bagi Kabupaten Ende sehingga perlu dijaga keasrian dan kebersihannya.

Tujuan pelaksanaan kegiatan penanaman pohon ujar Hariyanto menjadi momentum bukti bakti terhadap bumi yang ditempati dengan cara membangun harapan dan mewujudkan kepedulian dan menampung konstribusi nyata dari seluruh elemen masyarakat sehingga terwujud lingkungan yang lebih terawat dan bumi yang lebih nyaman untuk ditempati.

Meriahkan HUT Kota Kupang, Ribuan Burung Berkicau di Taman Nostalgia

Selain itu untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran serta komitmen bersama untuk lebih mencintai lingkungan.

Camat Ende Selatan, Mohamad Sahab HS, SH mengatakan kegiatan aksi bersih dan penanaman pohon di Bukit Pedja Rodja ini merupakan sejarah baru yang kita laksanakan secara bersama

untuk mengkampanyekan alam dalam bentuk kegiatan penanaman pohon, aksi bersih sampah serta mengedukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah terkait dengan peringatan Hari Bumi saat ini Tanggal 28 April 2019 di Kawasan Bukit Pedja, Kelurahan Tanjung Kecamatan Ende Selatan.

Dikatakan pelaksanaan kegiatan ini memiliki makna penting dan momentumnya begitu strategis karena diperingati setelah Perayaan Hari Raya Paskah oleh saudara kita Umat Kristiani serta Peringatan Hari Kartini.

Semoga dengan semangat perayaan 2 hari besar kenegaraan dan keagamaan yaitu Hari Kartini dan Hari Raya Paskah yang pada dasarnya adalah sebuah momentum refleksi untuk mengenang kembali semangat perjuangan dan pengorbanan untuk Negara

dan kehidupan beragama serta kepedulian terhadap sesama, yang sampai dengan saat ini semangat tersebut masih sangat relevan dan mutlak dibutuhkan untuk membangun Negeri Pertiwi dan Bumi Selatan Kota Ende ini khususnya,ujar M Sahab.

Pelaksanaan kegiatan itu diikuti oleh organisasi relawan lindungi hutan Ende dan anak cinta lingkungan juga Trans Hero Ende serta Bank sampah Syuradikara juga Morowae Cafe dan Taman Bacaan Mustika juga Taman Baca Anak Merdeka dan Komunitas Pemuda Islam Pegiat Aksi Sosial (Kopipas) juga Komunitas Vespa Ende dan mahasiswa Pencinta Alam Uniflor serta siswa SMPN 1 Ende Selatan dan SMP Kelimutu dan warga masyarakat Pedja Rodja Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan.

Kegiatan itu didukung oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Kitring Flores dan PLN UP3 Flores Bagian Barat. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved