BREAKING NEWS: Bupati Tahun Tetapkan Kasus Keracunan Makanan Sebagai KLB

Breaking news: Bupati TTS Egusem Tahun Tetapkan Kasus Keracunan Makanan Sebagai KLB

BREAKING NEWS: Bupati Tahun Tetapkan Kasus Keracunan Makanan Sebagai KLB
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Para pasien diduga keracunan sedang berbaring di ruang IGD RSUD SoE, Minggu (28/4/2019). 

Breaking news: Bupati TTS Egusem Tahun Tetapkan Kasus Keracunan Makanan Sebagai KLB

POS-KUPANG.COM | SOE - Bupati TTS Egusem Tahun bersama istri Oktovina Tahun-Lado, Minggu (28/4/2019) sore langsung merapat ke IGD RSUD SoE begitu mendengar adanya warga Kobekamusa yang mengalami keracunan.

Melihat jumlah pasien diduga keracunan yang cukup banyak, Bupati Tahun langsung menetapkan kasus tersebut sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Sukacita Anak-anak KBHTM Rayakan Paskah di Biara Simeon Ledalero

Bupati Tahun meminta direktur RSUD SoE, dr. Ria Tahun dan para dokter yang bertugas di IGD memberikan perawatan intensif kepada para pasien korban keracunan makanan.

Selain itu, untuk biaya perawatan para pasien, Bupati Tahun menegaskan, jiwa tidak bisa dibiayai oleh kartu jaminan kesehatan, Pemda TTS akan menangani seluruh pembiayaan dengan menggunakan dana tanggap darurat.

Kerja Sama dengan 14 Perguruan Tinggi, Cara Risma Selamatkan Anak Putus Sekolah di Surabaya

"Begitu dengar ada warga yang keracunan dan dibawah ke RSUD Soe saya dan ibu langsung datang untuk melihat kondisi para pasien. Seluruh pasien sudah tertangani dengan baik oleh para dokter dan biayanya perawatannya kalau tidak bisa ditangani BPJS maka akan ditanggung Pemda TTS," tegas Bupati Tahun dihadapan para pasien.

Selain 16 pasien yang dirawat di RSUD Soe lanjut Bupati Tahun, diduga masih ada pasien keracunan yang masih berada di Kobekamusa.

Oleh sebab itu, dirinya sudah memerintahkan Dinas Kesehatan dan BPBD kabupaten TTS guna membangun pos pelayanan bagi warga yang diduga mengalami keracunan. Selain itu, Pemda TTS juga sudah mendistribusikan air bersih dan genset ke lokasi pasalnya di lokasi tersebut masih kesulitan Aira bersih dan belum terlayani listrik PLN.

"Sudah pos di lokasi dan sebentar saya dan ibu mau lihat kondisi di lapangan seperti apa. Saya pastikan di sini semua warga korban keracunan akan terlayani dengan baik. Tenaga medis juga saya perintahkan langsung stand by di lokasi," tegas Bupati Tahun didampingi sang istri, Oktovina Tahun-Lado.

Terpisah, Direktur RSUD Soe, dr. Ria Tahun mengatakan, para pasien diduga keracunan mengeluhkan kepala pusing, mual dan sakit pada perut. Para pasien juga mengalami kekurangan cair.

"Selain memberikan pasien cairan infus, dokter juga memberikan obat anti muntah dan anti mual," ujar dr. Ria.

Untuk diketahui, Sebanyak warga Kelurahan Kobekamusa, Kecamatan Kota Soe dilarikan ke RSUD SOE, Minggu (28/4/2019) diduga akibat Keracunan. Pasien yang mayoritas mengeluhkan mual-mual dan sakit perut ini diduga keracunan mie saat menghadiri acara syukuran ulang tahun Bapak Marthen Tefa. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved