Animo Masyarakat di Kabupaten TTS Ikut PSU Menurun

Animo masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada pemungutan suara ulang (PSU) Sabtu (27/4/2019) menurun jika dibandingkan dengan pemilu 17 April

Animo Masyarakat di Kabupaten TTS  Ikut  PSU Menurun
POS-KUPANG.COM/ DION KOTA
Suasana perhitungan suara PSU di TPS 02 Desa Kesetnan Kabupaten TTS 

Animo Masyarakat di Kabupaten TTS  Ikut  PSU Menurun

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM | SOE- Animo masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada pemungutan suara ulang (PSU) Sabtu (27/4/2019) menurun jika dibandingkan dengan pemilu 17 April lalu.

Di dua TPS yang dipantau pos Kupang dari 12 TPS yang menyelenggarakan PSU, terjadi penurunan jumlah pengguna hak suara.

Di TPS 07, Desa Kesetnana yang menyelenggarakan PSU hanya untuk pemilihan presiden missalnya, pada pemilu 17 April lalu jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 168 pemilih.

PSU TPS 27 Oesapa Kupang, Hanya 79 Pemilih Yang Gunakan Haknya

Namun pada PSU yang menyalurkan hak suaranya hanya 112 pemilih dari jumlah DPT sebanyak 259 pemilih.

Ketua KPPS TPS 07, J. Manao mengaku, penurun jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya disebabkan karena sebagian pemilih masih sedang bekerja di tempat lain dan ada juga pemilih pemula yang sedang bersekolah atau kuliah saat ini.

" Memang ada terjadi penurunan animo pemilih pada PSU. Hal ini mempengaruhi Raihan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Amin yang sebelumnya mampu meraup 151 suara, turun menjadi 100 suara pada PSU. Hal yang sama juga terjadi pada Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Jika pada pemilu, 17 April mampu meraup 17 suara, maka pada PSU kali ini turun menjadi 12 suara," ungkap Manao.

Penurunan animo pemilih juga terjadi di TPS 01, Desa Kesetnana. Jika sebelumnya terdapat 155 pemilih yang menyalurkan hak suaranya, saat PSU turun menjadi 148 pada PSU.

Diberikan Pekerjaan Oleh Wali Kota Surabaya, Istri Petugas KPPS yang Meninggal Ucapkan Terima Kasih

Hal ini mempengaruhi perolehan suara Paslon presiden dan wakil presiden. Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Amin, yang sebelumnya meraih 121 suara, naik menjadi 123 suara.

Sedangkan Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi mengalami penurunan perolehan suara. Dari sebelumnya 34 suara turun menjadi 23 suara.

" Memang ada penurunan Animo pemilih dalam menyalurkan hak suaranya. Dari jumlah DPT kita 295, yang menyalurkan hak suaranya pada PSU hanya 148 pemilih, " ujar Ketua KPPS TPS 01, Desa Kesetnana, Untuk Weo.

Kasus Tagihan Game Online Belasan Juta, Ibu di Kediri Akhirnya Bayar dengan Cara Ini

Ketua Panwascam Mollo Selatan, Yor Tefa yang dikonfirmasi terkait pelaksanaan PSU di 6 TPS di wilayah Kecamatan Mollo Selatan mengaku, Pelaksanaan PSU berjalan dengan baik.

" Hingga proses perhitungan suara masih aman kakak. Belum ada kekurangan logistik," sebutnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved