Hasil Pemilu 2019 - Bawaslu NTT Awasi Pleno di PPK

Bawaslu NTT siap mengawasi proses pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif dan pilpres di tingkat PPK. Pengawasan dilakukan secara intensi

Hasil Pemilu 2019 - Bawaslu NTT Awasi Pleno di PPK
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu NTT, Jemris Fointuna

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Bawaslu NTT siap mengawasi proses pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif dan pilpres di tingkat PPK. Pengawasan dilakukan secara intensif oleh pengawas kecamatan.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Jemris Fointuna, Senin (22/4/2019).

Menurut Jemris, dalam pelaksanaan pleno rekapitulasi di tingkat PPK, pengawasan dilakukan oleh Panwascam masing-masing kecamatan.

"Kita siap awasi semua tahapan pleno dan juga kita akan sesuaikan pengawasan dengan jadwal pleno," kata Jemris.

Dikatakan, saat ini sudah ada beberapa daerah yang sementara pleno rekapitulasi di tingkat PPK, sedangkan khusus Kota Kupang baru akam digelar pada Selasa (23/4/2019).

Sementara itu, soal pengawasan dan kontrol oleh masyarakat, Jemris menegaskan, sebagai bentuk transparansi dan kontrol Suara oleh masyarakat maka PPS wajib mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS.

Hal itu, lanjutnya , sesuai dengan  UU Nomor .7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, yakni pada  Pasal 391.

BREAKING NEWS- Tabrakan Maut Vixon vs Bebek  di Ruas Jalan Nelle-Sikka,  Marselinus  Tewas    

"Dalam aturan itu dinyatakan,  PPS wajib mengumumkan salinan sertilikat hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya dengan cara menempelkan salinan tersebut di tempat umum," katanya.

Sedangkan pada Pasal 508, bahwa setiap anggota PPS yang tidak mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 391, akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved