Romo Theo Sila Sebut Arti Tanda Salib Gunakan 2,3 dan 5 Jari

Perayaan Jumat Agung di Kapela St. Kristoforus Matani, Desa Penfui Timur, Jumat (19/4/2019) berjalan aman dan lancar.

Romo Theo Sila Sebut Arti Tanda Salib Gunakan  2,3 dan 5 Jari
Ilustrasi(AFP PHOTO) 

Romo Theo Sila Sebut Arti Tanda Salib Gunakan  2,3 dan 5 Jari

POS-KUPANG.COM I PENFUI--Perayaan Jumat Agung di Kapela St. Kristoforus Matani, Desa Penfui Timur, Jumat (19/4/2019) berjalan aman dan lancar.

Sedikitnya ribuan umat dari anak kecil hingga orang dewasa memadati kapela baik di dalam maupun diluar gereja. Perayaan ekaristi yang dimulai pukul 18.00 Wita itu dipimpin Romo Theo Sila, Pr dan didukung koor dari Wilayah IV.

Romo Theo dalam homilinya menegaskan soal makna umat Katolik membuat tanda salib, dimana ada yang menggunakan 2 jari, ada yang 3 jari dan adapula yang 5 jari.

Untuk 2 jari menunjukan bahwa dalam diri Yesus ada dua pribadi yakni Allah dan Manusia. Untuk 3 jari menunjukan tiga trinitas yakni Bapa, Putera dan Roh Kudus. Untuk 5 jari menunjukan luka pada tubuh Yesus yakni pada kedua tangan, lambung dan kedua kaki.

Menurut Data Situng KPU, Jokowi-Maruf Unggul 54,99 Persen, Prabowo-Sandi 45,01 Persen

Romo Vikep Bajawa Pimpin Misa Jumat Agung di Paroki Kristus Raja Riti Nangaroro

Prosesi Jumat Agung Perkuat Jati Diri

Kepada umat Katolik di Matani, Romo Theo mengajak agar dalam memberikan tanda salib harus memaknai itu. Kadang umat hanya memberi tanda salib di dahi, dada dan bahu kiri kanan tanpa mengetahui apa maknanya.

"Saat kita memberi tanda salib, makna jari yang kita buat itu punya makna. Saya cuma mengingatkan kembali. Dalam Tri Hari Suci ini saya ajak kita untuk merenung kisah sengsara Yesus. Kita di dalam keluarga, tetangga dan lingkungan sosial lain, harus saling membantu. Kita harus jaga kerukunan antar umat beragama. Kalau ada perselisihan agar diselesaikan dengan hati damai," pesan Romo Theo.

Pada perayaan Jumat Agung ini, dilanjutkan dengan pengecupan salib Yesus oleh umat yang hadir. Ada beberapa titik panitia menyiapkan salib Yesus guna memberi kesempatan bagi umat untuk mengecupnya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved