Semana Santa 2019

SEMANA  SANTA: Ini Urutan Prosesi Laut Jumat Agung Pukul 12.00 Wita

Pro sesi laut mengantar Tuhan Tersalib dari Pante Kota Rewido di Kelurahan Sarotari, Kota Larantuka, Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timu

SEMANA  SANTA: Ini Urutan Prosesi Laut Jumat Agung Pukul 12.00 Wita
 POS-KUPANG.COM/EGINIUS  MO’A
Perahu motor di Pante  Kota Rewido, yang akan mengikuti  prosesi  laut membawa  Tuhan  Tersalib menuju Pante  Kuce di   Kota Larantuka, Pulau  Flores,  Propinsi NTT, Jumat   (19/4/2019). 

Laporan  wartawan  pos-kupang.com, eginius  mo’a

POS-KUPANG.COM,LARANTUKA---Pro sesi laut mengantar  Tuhan Tersalib  dari Pante  Kota Rewido  di Kelurahan  Sarotari, Kota Larantuka, Pulau Flores,  Propinsi Nusa  Tenggara  Timur  (NTT) akan dimulai tepat pukul  12.00  Wita.

Bero  (sampan) utama  yang membawa Tuhan  Tersalib          akan dijaga oleh Ketua Adat Kapela Tuan  Meninu, Anton  Fernadez akan berada di tengah. 

Paling  depan adalah sampan penunjuk jalan. Di sam;ping kiri dan kanan ada sampan pengapit  dan sebuah sampan  lagi menutup  di  belakang bero  Tuhan Tersalib.

“Tidak  boleh  ada lagi kapal  yang ada di depan  sampan penunjuk  jalan ketika  prosesi  keluar  dari Pante  Kota  Rewido menuju  Pante  Kuce di Kelurahan Pohon Sirih,” kata  Yoseph P.Fernandez, anggota  suku adat di  Kapela Tuan Meninu, kepada  POS-KUPANG.COM, Jumat  (19/4/2019).

Selanjutnya,    puluhan sampan kecil dan petahu motor menyusul  dari belakang.

Yospeh menegaskan, selama prosesi  laut   berlangsung tidak  boleh ada angkutan lalut jenis  apapun  melintasi di depan.  Ketika  jalannya dihalangi  dipercaya akan mendatangkan musibah.   

 Perayaan Jumat Agung di  Kota  Larantuka merupakan warisan  turun-turun  yang telah berlangsung lima  abad    dan dipertahankan  sampai kini. Setiap tahun umat  Katolik dari seluruh penjuru Flores, NTT dan Indonesia melakukan  ziarah di  Larantuka. *

 
 

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved