Bulan Ini, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat berkunjung ke Rusia pada

Bulan Ini, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia
AFP / KCNA via KNS
Foto bertanggal 23 Februari 2019 yang dirilis media Korea Utara pada Minggu (24/2/2019), menunjukkan saat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melambaikan tangan di pintu gerbong kereta yang akan membawanya ke Vietnam, untuk menghadiri pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump. 

POS KUPANG.COM -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat berkunjung ke Rusia pada akhir bulan ini.

Kepastian kunjungan tersebut disampaikan Kremlin dalam sebuah pernyataan resmi di situs resminya, meski tidak menyebutkan tanggal pasti pertemuan tersebut.

"Menyusul undangan dari Vladimir Putih, Kim Jong Un akan mengunjungi Rusia pada parus kedua April ini," kata Kremlin dalam pernyataannya, Kamis (18/4/2019).

Sejumlah media, termasuk dari Rusia, Korea Selatan, maupun Jepang dalam laporannya menyebut pertemuan kemungkinan akan digelar di Timur Jauh Rusia.

Sementara sebelumnya, seorang pejabat tinggi Korut, Kim Chang Son diketahui tengah melakukan perjalanan ke Moskwa dan Vladivostok.

 Dua Perempuan Saudi Ajukan Suaka, Ini Alasannya

PSI Beri Contoh Siap Menang dan Siap Kalah

Kunjungan Kim Chang Son, yang disebut sebagai tangan kanan Kim Jong Un, dikatakan untuk membicarakan rencana perjalanan penting pemimpin tertinggi Korea Utara ke Rusia.

Dilansir Yonhap News, Kim Chang Son, sekretaris utama komisi urusan luar negeri Korea Utara, yang bertanggung jawab dalam urusan protokol untuk Kim Jong Un, telah mengunjungi Rusia pada Maret lalu.

Dia berada lima hari di Moskwa melalui Beijing, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalur udara ke Vladivostok pada 23 Maret lalu.

Kunjungan ke kawasan Timur Jauh Rusia itu diperkirakan untuk meninjau calon lokasi pertemuan puncak Kim Jong Un dengan Putin.

Tersingkir dari Liga Champions, Man City Dihadapkan 2 Laga Berat

Putin dikabarkan pernah melayangkan undangan kepada Kim Jong Un untuk berkunjung ke Rusia pada Juni tahun lalu, usai pertemuan puncak pertama Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Kim Jong Un belum pernah sekalipun menjejakkan kakinya ke Rusia. Berbeda dengan sang ayah, Kim Jong Il, yang pernah menggunakan kereta api lapis bajanya, menemui Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada 2011.

Dalam jajaran pejabat tinggi Rusia, baru Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov yang pernah bertemu Kim Jong Un saat berkunjung ke Pyongyang pada akhir Mei tahun lalu. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved