Penambahan Kuota Haji dan Kerjasama Ekonomi dengan Saudi, Ini Perintah Jokowi ke Para Menteri

Presiden Joko Widodo, Kamis (18/4/2018) pagi, memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta. Rapat membahas dua topik.

Penambahan Kuota Haji dan Kerjasama Ekonomi dengan Saudi, Ini Perintah Jokowi ke Para Menteri
KOMPAS.com/Biro Pers Sekretariat Presiden
Raja Salman dan Presiden Joko Widodo berjalan beriringan di istana pribadi raja, Al-Qasr Al-Khas, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/2019). 

Penambahan Kuota Haji dan Kerjasama Ekonomi dengan Saudi, Ini Perintah Jokowi ke Para Menteri

POS-KUPANG.COM- Presiden Joko Widodo, Kamis (18/4/2018) pagi, memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta. Rapat membahas dua topik.

Pertama, menindaklanjuti kebijakan Arab Saudi menambah kuota haji sebesar 10.000 orang kepada Indonesia. Kedua, membahas rencana peningkatan investasi dan kerja sama ekonomi Saudi di Tanah Air.

"Keduanya saya kira, kita harus tindak lanjuti secepatnya," perintah Presiden Jokowi kepada sejumlah menteri yang hadir.

Jokowi Masih Melobi Raja Salman agar Kuota Haji Indonesia Jadi 250.000

Menteri Kabinet Kerja yang hadir, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Hadir pula Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto serta Menteri BUMN Rini Soemarno.

Secara khusus, Presiden Jokowi menyoroti Saudi yang mempunyai niat menjadikan Indonesia sebagai negara kerja sama dalam bidang petrokomiaN dan petrochemical terbesar se-Asia Tenggara.

"Saya rasa, ini yang mungkin harus segera kita siapkan dan tindaklanjuti," ujar Jokowi.

Ini Penegasan bagi Calon Jemaah Haji yang Masuk Kategori Berhak Melunasi

Diketahui, saat bertemu dengan Raja Saudi Salman bin Abdul Azis beserta putra mahkotanya, baru-baru ini, Jokowi membahas banyak hal bersama mereka.

Selain Saudi memastikan akan menambah kuota haji asal Indonesia dari 221.000 menjadi 231.000, salah satu topik pembicaraan adalah tentang rencana Saudi berinvestasi di Tanah Air.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, berdasarkan pertemuan itu, Saudi mengungkapkan keinginan untuk berinvestasi di Indonesia dalam jumlah besar.

"Putra mahkota juga menyampaikan ya, kemungkinan Arab Saudi investasi di Indonesia sebesar 6 milliar dollar Amerika Serikat," ujar Moeldoko.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penambahan Kuota Haji dan Kerjasama Ekonomi dengan Saudi, Ini Perintah Jokowi ke Para Menteri"

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved