Jemaah Haji agar Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Poin penting lainnya yang diingatkan bahwa ibadah haji adalah ibadah fisik sehingga jemaah haji perlu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Jemaah Haji agar Jaga Kesehatan Fisik dan Mental
istimewa
Suasana kegiatan pengukuran kebugaran jemaah haji tahun 2019, di Palembang, Kamis (18/4/2019). 

POS KUPANG.COM -Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Samatera Selatan, dr. Trisna Warman, M.Kes. mengingatkan jemaah haji agar selalu m enjaga kesehatan fisik dan mental.

Poin penting lainnya yang diingatkan bahwa ibadah haji adalah ibadah fisik sehingga jemaah haji perlu menjaga kesehatan fisik dan mental.

"Pertemuan ini bertujuan agar jemaah haji memahami dan menjaga kesehatannya. sehingga dapat
beribadah dalam keadaan sehat sampai kembali ke tanah air. Diharapkan seluruh jemaah haji dalam keadaan istithaah kesehatan," pesan dr. Trisna dalam pertemuan kegiatan pengukuran kebugaran jemaah haji tahun 2019, di Palembang, Kamis (18/4/2019).

Kegiatan pengukuran kebugaran haji diikuti sekita 200 jemaah haji dihadiri Kapuskes Haji Kemkes RI, Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc.

" Ibadah haji tidak bisa dilepaskan dengan kesehatan, karena ibadah haji adalah ibadah fisik. Karena itu, jJemaah haji yang mempunyai masalah dengan kesehatan atau keterbatasan harus berkonsultasi dengan petugas, sehingga ada hal hal yang harus dilakukan dan yang tidak dilakukan (jangan dipaksakan)," pesan Eka Jusup Singka

Ia mengingatkan, apabila akan melakukan ibadah agar makan/sarapan terlebih dahulu atau bawa bekal seperti kurma. Melempar jumrah dibadalkan bagi yang tidak mampu. " Perbanyak minum dan gunakan alat pelindung diri seperti payung, semprotan, alas kaki dan kaca
mata untuk menghindari heat stroke dan sengatan panas," pesannya.

Sementara Kadinkes Kota Palembang, dr. Letizia Sanif, M.Kes, mengatakan, kegiatan pembinaan dan pengukuran kebugaran perlu terus dilakukan agar kesehatan jemaah haji dapat dijaga dan ditingkatkan.

"Obat yang biasa dikonsumsi jemaah haji, dipersilahkan dibawa sesuai dengan kebutuhan selama menjalankan ibadah haji," pesannya. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved