13 TPS di Kalimantan Barat Berpotensi Gelar Pemilihan Ulang

Anggota Badan Pengawan Pemilu Kalimantan Barat (Bawaslu Kalbar) Faisal Riza menyebut, ada sebanyak 13 tempat pemungutan suara berpotensi prmilu ulang

13 TPS di Kalimantan Barat Berpotensi Gelar Pemilihan Ulang
Kompas.Com/ Priombodo
Ilustrasi Pemilu 

13 TPS di Kalimantan Barat Berpotensi Gelar Pemilihan Ulang

POS-KUPANG.COM- Anggota Badan Pengawan Pemilu Kalimantan Barat (Bawaslu Kalbar) Faisal Riza menyebut, ada sebanyak 13 tempat pemungutan suara ( TPS) yang berpotensi digelar pemilihan ulang.

"Dugaan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno Bawaslu Kalbar, Rabu (17/4/2018) malam," kata pria yang akrab disapa Ical ini, Kamis (18/4/2019).

Dalam penghitungan yang dilakukan, 13 TPS yang berpotensi digelar pemilihan ulang masing-masing berada di Kabupaten Sintang ada 5 TPS, lantaran tidak adanya surat suara untuk pemilihan presiden.

Gubernur Papua Klaim Wilayah Pegunungan Papua Bungkus Satu Suara Untuk Jokowi

Kemudian ada 5 TPS di Kabupaten Melawi. Menurut Ical, terkait adanya dugaan pembongkaran kotak suara sebelum waktunya, serta diduga pencoblosan surat suara oleh petugas kelompok petugas pemungutan suara (KPPS).

"Dari hasil koordinasi dengan KPU, mereka juga telah menyanggupi jika memang dilakukan pemilihan ulang di 13 TPS tersebut," ucapnya.

Ical melanjutkan, TPS lain yang berpotensi digelar pemilihan ulang masing-masing 1 TPS di Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sanggau dan Kota Pontianak.

Menurut dia, data ini mungkin saja berubah, karena mereka masih menunggu hasil pemeriksaan Pengawas TPS di masing-masing kabupaten dan Kota.

“Ini sebab untuk menuju pemilihan ulang bisa berbeda-beda (tahapannya), tapi ada juga yang sama,” tambahnya.

Bawaslu Periksa Luhut soal Video Pemberian Amplop Saat Berkunjung ke Bangkalan

Ical menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU, salah satu mekanisme pemilihan ulang adalah harus mengantongi rekomendasi dari Pengawas TPS.

“Konkretnya kita akan memastikan ini hingga nanti sore, apabila ini sudah ada resminya, kita akan sampaikan surat itu kepada KPU, untuk dilaksanakan pemilihan ulang,” tutupnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "13 TPS di Kalimantan Barat Berpotensi Gelar Pemilihan Ulang

Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved