Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Distrik Halal di Kawasan GBK

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Distrik Halal di Kawasan Stadion Gelora Bung Karno

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Distrik Halal di Kawasan GBK
KOMPAS.com/Ambharanie Nadia
Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4/2019). 

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Distrik Halal di Kawasan Stadion Gelora Bung Karno

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Pemerintah akan membangun distrik halal di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Presiden Joko Widodo yang mendatangi distrik tersebut, Selasa (16/4/2019), mengatakan, distrik halal ini akan menjadi embrio industri produk halal di Indonesia.

Kepolisian Malaysia Kerja Sama dengan Polri Usut Penemuan Surat Suara Pemilu

"Ini bukan barang baru. Ini sudah kita bicarakan lewat satu, dua, tiga kali pertemuan di Istana ya. Ini adalah realisasinya. Ini sebagai embrio pembangunan industri halal," ujar Jokowi.

Distrik itu akan dibangun di seluas 21.000 meter persegi. Total nilai pembangunannya sebesar Rp 250 miliar. Nantinya, di lahan tersebut akan menjadi pusat produk halal, misalnya kuliner, fashion dan jasa wisata. Jokowi berharap, industri halal di Indonesia menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Tanah Air.

Pernah Mendekam di Penjara, 2 Residivis Kasus Narkoba Ditangkap Polisi, Begini Pengakuannya

"Kita memadukan sumber daya yang dimiliki pemerintah. Oleh BUMN dan seluruh pelaku bisnis, termasuk pelaku UMKM. Kita padukan semua kekuatan untuk mengangkat industri halal ke tingkat regional maupun dunia," ujar Jokowi.

"Kita angkat industri halal Indonesia sebagai motor pertumbuhan ekonomi. Kita angkat industri halal Indonesia sebagai ladang kreatifitas, produktivitas. Kita angkat industri halal Indonesia sebagai sumber kesejahteraan umat," lanjut dia.

Menurut informasi yang diterima Jokowi, potensi pasar industri halal di Indonesia sangat potensial. Ia menyebut, proyeksi permintaan produk halal di 2019 ini, mencapai 3,7 triliun dollar Amerika Serikat. Padahal, sekitar lima tahun yang lalu, jumlahnya hanya sekitar 2 triliun dolar Amerika Serikat.

"Artinya pertumbuhannya sangat besar. Pertumbuhannya mencapai 9,5 persen. Ini adalah growth yang sangat tinggi," ujar Jokowi.

Pada penghujung pidatonya, Presiden sekaligus meresmikan pembangunan distrik halal di area tersebut. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved