Bawaslu Akui Belum Ada Laporan Bupati TTU Terlibat Kampanye Bukan Pada Saat Cuti

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam kegiatan kampanye untuk caleg dari Partai Nasdem pada saat hari cuti dan hari libur.

Bawaslu Akui Belum Ada Laporan Bupati TTU Terlibat Kampanye Bukan Pada Saat Cuti
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Ketua Bawaslu TTU Martinus Kolo. 

Bawaslu Akui Belum Ada Laporan Bupati TTU Terlibat Kampanye Bukan Pada Saat Cuti

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Sejauh ini, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) belum pernah menerima laporan keterlibatan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam melakukan kampanye untuk caleg tertentu diluar hari cuti.

Bawaslu Kabupaten TTU menemukan keterlibatan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam kegiatan kampanye untuk caleg dari Partai Nasdem pada saat hari cuti dan hari libur.

"Sejauh ini terkait dengan laporan belum ada. Tetapi ada kampanye caleg tertentu dari Partai Nasdem yang bupati hadir. Tapi yang kita tahu hadirnya itu pada saat waktu cuti dan hari libur," kata Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo kepada Pos Kupang di Hotel Livero, Jumat (12/4/2019).

Dijelaskan, selama ini Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes dalam melakukan kampanye untuk caleg dari Partai Nasdem pada saat hari cuti dan hari libur.

KPU Belu Kekurangan 136.423 Surat Suara

Kadek Senang Dapat Undian Motor Dalam Malam Pengundian Samsung Su Sayang

Jelang H-5 Pemilu, Bupati Imbau Warga Gunakan Hak Pilihnya

BPBD SBD Gelar Latihan Simulasi Penanganan Bencana Bersama 50 Tenaga Medis Puskesmas Rada Mata, SBD

"Jadi yang selama ini kita lihat beliau hadir pada saat waktu cuti. Kalau diluar hari cuti, sampai saat ini kita belum menemukan kalau ada keterlibatan Pak Bupati," ungkapnya.

Diungkapkan Martinus, pada saat istrinya Kristina Muki melakukan kampanye, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes ikut ambil bagian dalam kampanye tersebut, namun pada saat hari libur.

Hal tersebut, ungkap Martinus, telah dibuktikan dalam STTP yang menyebutkan bahwa salah satu tim kampanye untuk caleg DPR RI dari Partai Nasdem adalah Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes.

"Di STTP itu juga salah satu tim kampanye adalah beliau. Bapak Raymundus Sau Fernandes," ungkapnya.

Sejauh ini, jelas Martinus, belum ada oknum caleg yang melakukan intimidasi kepada para caleg dalam melakukan kegiatan kampanye. Hal itu karena pihaknya di lapangan tidak pernah menemukan caleg yang melakukan intimidasi.

Terkait dengan mobilisasi ASN, jelas Martinus, ASN tidak boleh dimobilisasi oleh para caleg. Namun jika ASN tersebut datang atas kemauannya sendiri maka hal itu diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan.

"Kalau ASN tidak dilarang untuk hadri dalam kampanye. Hadri boleh tapi hadir atas inisiatif sendiri. Bukan karena diundang. Kalau misalkan ada ASN yang terlibat dalam politik praktis kita siap melakukan penindakan," tegasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved