Rincian Kekurangan Surat Suara di KPU Kabupaten TTS

pelaksanaaan pemilu, KPU Kabupaten TTS masih kekurangan surat suara. Terbanyak, adalah untuk surat suara pemilihan anggota DPR RI dan DPRD provinsi NT

Rincian Kekurangan Surat Suara di KPU Kabupaten TTS
Pos Kupang.com/Dio Kota
Ketua KPU TTS, Matheos Krivo 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE- Hingga H- 5 pelaksanaaan pemilu, KPU Kabupaten TTS masih kekurangan surat suara. Terbanyak, adalah untuk surat suara pemilihan anggota DPR RI dan DPRD provinsi NTT. Sedangkan untuk pemilihan anggota DPD RI surat suaranya dinyatakan lengkap.

Untuk surat suara pemilihan anggota DPR RI sendiri KPU Kabupaten TTS masih kekurangan sebanyak 53.663 surat suara. Untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi NTT, KPU Kabupaten TTS masih kekurangan 52.083 surat suara.

Untuk surat suara pemilihan anggota DPRD Kabupaten, KPU Kabupaten TTS masih kekurangan 8.085 surat suara dengan rincian Dapil I sebanyak 3.100 surat suara, Dapil III sebanyak 1.649 surat suara dan Dapil V sebanyak 3.336 suara. Sedangkan untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden masih kekurangan 25 surat suara.

Selain surat suara, hingga saat ini KPU kabupaten TTS juga masih kekurangan formulir.

" Hingga saat ini memang kita masih kekurangan surat suara dan formulir karena rusak. Untuk penggantinya masih sementara dicetak dan ditargetkan paling lambat hari Minggu sudah tiba di Kabupaten TTS," ungkap Ketua KPU Kabupaten TTS, Matheus Krivo dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu kepada stakeholder tingkat kabupaten TTS yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten TTS, Jumat (12/4/2019) di aula Hotel Timor Megah.

Untuk proses distribusi logistik sendiri lanjut Krivo, akan dilakukan mulai esok, 13 April. Untuk menyiasati kekurangan logistik yang ada, untuk tahap pertama proses distribusi logistik akan dilakukan ke kecamatan-kecamatan yang jauh yang logistiknya sudah lengkap.

Sedangkan untuk dapil I Kota Soe sengaja didistribusikan paling terakhir karena menunggu logistik pengganti tiba di kabupaten TTS.

" Kita sengaja melengkapi dahulu dapil yang jauh yang akses jalannya masih susah seperti dapil II, III dan IV. Sedangkan dapil yang dekat seperti dapil I dan V sengaja didistribusikan kemudian karena masih menunggu logistik pengganti," ujarnya.

Terkait logistik penganti, dikatakan Krivo saat ini masih dalam proses pencetakan di Bogor. Ia mengatakan, paling lambat hari Minggu logistik pengganti sudah akan tiba di Kabupaten TTS.

" Paling lambat hari Minggu sudah tiba logistik penggantinya dan akan langsung kita lakukan sortir, pelipatan dan pengepakan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay menegaskan pihaknya terus mendorong KPU Kabupaten TTS untuk segera melengkapi kekurangan logistik yang ada. Untuk proses distribusi logistik sendiri, Melky mengatakan, Panwascam tiap kecamatan akan mengawal proses pendistribusian dari GOR Nekmese hingga sampai ke TPS.

" Kita libatkan Panwascam dalam proses distribusi ini. Kita ingin pastikan jika logistik tiba di TPS tepat waktu," pungkasnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved