KPU Ngada Ingatkan PPS/KPPS untuk Tepat Waktu Hadir di TPS Saat Pilnas 2019

Juru bicara KPU Ngada, Aloysius Raubata mengingatkan, PPS dan KPPS tepat waktu datang ke TPS pada 17 April 2019

KPU Ngada Ingatkan PPS/KPPS untuk Tepat Waktu Hadir di TPS Saat Pilnas 2019
POS-KUPANG.COM/ Gordi Donofan
Suasana saat Bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara PPS/KPPS dan Simulasi Tingkat Kecamatan Bajawa di Aula SMA Negeri I Bajawa, Jumat (12/4/2019). 

KPU Ngada Ingatkan PPS/KPPS untuk Tepat Waktu Hadir di TPS Saat Pilnas 2019

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA- Juru bicara KPU Ngada, Aloysius Raubata, mengingatkan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk tepat waktu datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilnas 17 April 2019.

Raubata mengatakan hari Pencoblosan itu dimulai tepat pukul 07.00 Wita, maka sebelum itu penyelenggaran harus sudah berada di tempat. Minimal pukul 06.00 Wita sudah berada di TPS.

"Jangan terlambat. Jam 07.00 Wita harus sudah mulai pelaksanaan pencolosan. Jangan jam 07.00 Wita baru huru hara cari meja atau persiapan lainnya. Jam 07.00 Wita harus sudah mulai mencoblos. Maka harus datang tepat waktu atau datang sebelum jam 07.00 Wita," ujar Raubata, saat memberikan Bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara PPS/KPPS dan Simulasi Tingkat Kecamatan Bajawa, di Aula SMA Negeri I Bajawa, Kabupaten Ngada, Jumat (12/4/2019).

Bupati Tahun dan Forkopimda Kabupaten TTS Tinjau Pengepakan Logistik Pemilu

Ia mengungkapkan pengalaman pada tahun sebelumnya pelaksaan Pemungutan suara saat Pemilu tidak tepat waktu. Maka pola lama harus ditinggalkan. Kerja harus tepat waktu sehingga semuanya berjalan aman dan lancar.

Ia mengatakan Pemilu kali ini bisa memakan waktu lama karena bisa saja seorang wajib pilih mencoblos itu bisa memakan waktu 10 hingga 12 Menit.

Ia mengatakan Pilnas 2019 ini sangat beda dengan sebelum-sebelumnya.

Sehingga PPS/KPPS harus benar-benar kerja ekstra saat hari Pemungutan dan Perhitungan Suara.

"Jangan baru jam 08.00 Wita atau jam 09.00 Wita baru mulai," tegas Raubata.

Oknum Caleg di Kota Kupang Dipolisikan Karena Ancam Bunuh Seorang Ibu Rumah Tangga

Ia menegaskan PPS/KPPS harus teliti saat pemberian surat suara kepada wajib pilih dan memastikan surat suara yang sudah dicoblos oleh wajib pilih dimasukan kedalam kotak suara sesuai dengan jenis surat suara.

Ia mengatakan semua PPS/KPPS untuk memberikan Formulir C6 kepada orang yang merupakan wajib pilih.

"Datangi rumah, berikan Formulir C6 kepada orangnya (wajib pilih). Jangan diberikan kepada orang yang tidak bertanggungjawab," ujarnya.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved