Walaupun Disediakan Konsumsi dan Uang Transportasi, Animo Saksi Parpol Tetap Rendah

Bawaslu Kabupaten TTS telah selesai melakukan pembekalan terhadap saksi partai politik (Parpol) dan saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden

Walaupun Disediakan Konsumsi dan Uang Transportasi, Animo Saksi Parpol Tetap Rendah
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Bawaslu TTS foto bersama panwascam dan saksi parpol 

Walaupun Disediakan Konsumsi dan Uang Transportasi, Amino Saksi Parpol Tetap Rendah

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM | SOE- Bawaslu Kabupaten TTS telah selesai melakukan pembekalan terhadap saksi partai politik (Parpol) dan saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden, Rabu (10/4/2019).

Pembekalan saksi Parpol dan pasangan calon presiden dan wakil presiden RI sendiri dipusat di kecamatan masing-masing sejak tanggal 8 April lalu.

Walaupun sudah disediakan konsumsi dan uang transportasi, namun animo Parpol dalam mengirimkan saksinya masih tetap rendah. Dari total 8000-an saksi yang sudah terdaftar, jumlah yang hadir mengikuti pembekalan angkanya tak sampai setengah dari jumlah yang mendaftar.

Jawaban Titiek Soeharto Saat Massa Kampanye Bersorak Minta Dirinya Rujuk dengan Prabowo

Ketua divisi SDM dan organisasi, Bawaslu Kabupaten TTS, Demetris Pitai menyayangkan minimnya partisipasi Parpol untuk mengirimkan saksinya guna mendapatkan penguatan terkait fungsi, tanggung jawab dan peranannya dalam pemilu mendatang.

Selain diberikan penguatan melakukan pemberian materi, para saksi juga mendapat buku saku saksi.

" Dari pantauan kita di 32 kecamatan yang menyelenggarakan pembekalan saksi, mayoritas jumlah yang hadir tidak mencapai jumlah total saksi yang sudah mendaftar.

Namun kita tetap menyelenggarakan pembekalan saksi dimana materinya dibawakan Panwascam masing-masing.

Mahfud MD hingga Sinta Nuriyah Wahid Datangi KPU Beri Dukungan

Selain itu, kita juga berikan buku saku saksi sehingga saksi bisa lebih mendalami tugas, tanggung jawab dan peranannya dalam pemilu mendatang," ungkap Demetris usai menghadiri acara pembekalan saksi di kecamatan Kuatnana.

Walaupun ruang pembekalan saksi Parpol di tingkat kecamatan oleh Panwascam sudah berakhir, Demetris tetap membuka kesempatan bagi Parpol yang ingin memberikan penguatan kapasitas terhadap saksinya secara internal Parpol.

Ia menegaskan Bawaslu Kabupaten TTS siap memberikan penguatan secara gratis kepada saksi Parpol secara internal Parpol jika ada Parpol yang berniat melakukan kegiatan tersebut.

" Kalau ada Parpol yang mau melaksanakan pembekalan saksinya secara internal kami dari Bawaslu siap menjadi pematerinya secara gratis. Masih ada waktu enam hari lagi, jadi jika ada partai yang mau melaksanakannya kami siap membantu," ujarnya.

Sampaikan Pesan Megawati, Sekjen PDI-P Usul Pembangunan Kebun Raya di Labuan Bajo

Melalui pembekalan saksi Parpol, para saksi dikenalkan dengan jenis surat suara, jenis formulir, surat sah dan tidak sah serta mendorong para saksi untuk mengadukan jika ditemukan adanya pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu mendatang.

" Ada banyak manfaat yang didapatkan para saksi dengan mengikuti kegiatan pembekalan ini. Kemampuan mereka dalam mengenali jenis surat suara, formulir, surat suara sah atau tidak sah akan lebih baik. Selian itu, kita juga mendorong para saksi agar tidak ragu untuk melaporkan dugaan pelanggaran kepada Bawaslu jika menemukannya di lapangan," pungkasnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved