BREAKING NEWS: Gempa Bumi Tektonik 4.7 SR Guncang Kodi Sumba Barat Daya Dirasakan di Tambolaka

Gempa bumi magnitudo berkekuatan 4.7 skala ricther (SR) baru mengguncang wilayah Kodi di Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Tektonik 4.7 SR Guncang Kodi Sumba Barat Daya Dirasakan di Tambolaka
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
LOKASI PUSAT GEMPA BUMI TAMBOLAKA

Gempa Bumi Tektonik 4.7 SR Guncang Kodi Sumba Barat Daya Dirasakan di Tambolaka

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU- Gempa bumi magnitudo berkekuatan 4.7 skala ricther (SR) baru mengguncang wilayah Kodi di Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/4/2019) siang.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS dalam siaran pers yang dikirim pihak Stasiun Geofisika Waingapu di WatsApp group Info BMKG Sumba, Selasa (9/4/2019) sore, menjelaskan, Selasa, 09 April 2019 pukul 13.17.04 WITA, wilayah Tambolaka diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 9,2 LS dan 118,59 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 KM Barat Laut Kodi, Sumba Barat Daya pada kedalaman 81 Km.

Gempa Bumi Tektonik 4.7 SR Guncang Tambolaka, Sumba Barat Daya

Bawaslu Luncurkan Indeks Kerawanan Pemilu, Papua Tertinggi

Gunawan juga menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi itu, kata Gunawan, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tambolaka III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat di wilayah Tambolaka, Gunawan mengimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,"jelas Gunawan. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved