Tarik Wisatawan ke Kampung Adat, Bupati Sumba Barat Minta Warga Jaga Kebersihan Kampung

Tarik Wisatawan ke Kampung Adat, Bupati Sumba Barat Minta Warga Jaga Kebersihan Kampung

Tarik Wisatawan ke Kampung Adat, Bupati Sumba Barat Minta Warga Jaga Kebersihan Kampung
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole 

Tarik Wisatawan ke Kampung Adat, Bupati Sumba Barat Minta Warga Jaga Kebersihan Kampung

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole meminta masyarakat yang mendiami perkampung adat di seluruh wilayah Sumba Barat agar senantiasa menjaga kebersihan kampung, memperhatikan MCK dan ketersediaan air bersih.

Bila kondisi demikian, tidak menutup kemungkinan wisatawan yang berkunjung ke kampung adat tersebut memilih bermalam di kampung itu.

Ketua DPRD Manggarai Barat Minta Pemerintah Selesaikan Masalah Aset Tanah di Keranga

Para wisatawan biasanya menginginkan sesuatu yang alami, lingkungan yang bersih, nyaman dan tersedia fasilitas publik seperti mck dan air bersih serta lainnya. Biasanya wisatawan yang memilih bermalam di kampung-kampung adat juga berkeinginan menyaksikan suasana kehidupan warga setempat pada malam hari.

Karena itu sebagai masyarakat penghuni kampung adat harus memperhatikan hal itu agar kampungnya kelak menjadi tujuan wisatawan. Selama ini, kebanyakan wisatawan berkunjung ke Nihi Watu, Kampung Praijing, Kampung Tarung dan berbagai obyek wisata alam dan budaya Sumba Barat lainnya.

Manggarai Tuan Rumah HUT ke-69 Pol PP Tingkat Provinsi NTT, Ini Persiapannya

Ke depan, berharap semua perkampungan adat Sumba menjadi sasaran kunjungan wisatawan karena masing-masing perkampungan adat memiliki keunikan tersendiri.

Karena itu mulai menjaga, merawat dan menata kampumg adat agar kelak menjadi daerah tujuan wisatawan.

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menyampaikan hal itu di Waikabubak, Senin (8/4/2019).

Menurutnya dengan kunjungan wisatawan tersebut memberi dampak positip bagi kehidupan warga kampung. Untuk itu warga kampung perlu mempersiapkan diri baik peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama penguasaan bahasa inggris tetapi juga memproduksi industri rumahan berupa cendramata, hasil tenunan, kerajinan tangan dan berbagai aksesoris lainnya.

Dari usaha rumahan itu dapat mendatangkan penghasilan karena setiap wisatawan yang datang pasti berbelanja oleh-oleh sebelum meninggalkan kampung itu.

Khusus peningkatan SDM masyarakat kampung adat, demikian Bupati Niga Dapawole, telah hadir puluhan anak muda secara sukarela mengajarkan bahasa inggris kepada anak-anak dan orang dewasa di kampung-kampung adat agar menjadi guide sendiri saat menerima setiap wisatawan yang datang berkunjung.

Hasilnya sudah ada dimana terlihat anak-anak di kampung-kampung adat mulai menyapah wisatawan dengan berbahasa inggris meskipun belum sempurna. Tetapi, itulah sebuah proses yang patut diacungi jempol bagi sekelompok anak muda yang dengan kerelaannya datang ke kampung-kampung mengajarkan anak-anak berbahasa inggris.

Ia menambahkan khusus akses jalan raya.hampir semua sudah terakses dengan baik menuju kampung adat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved