Pendapatan Data XL Bertumbuh, Profitalibitas Meningkat

XL Axiata selalu terdepan secara industri dalam menumbuhkan pendapatan data di tengah penurunan kontribusi pendapatan voice dan SMS.

Pendapatan Data XL Bertumbuh, Profitalibitas Meningkat
POS KUPANG/YENI RACHMAWATY
(Dari Kiri) Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, Direktur Finance XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dan Head Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah dalam acara paparan mengenai performa positif XL Axiata 2018 dan outlook XL Axiata 2019 di Banyuwangi, Kamis (4/4/2019). 

Pendapatan Data XL Bertumbuh, Profitalibitas Meningkat

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG- XL Axiata selalu terdepan secara industri dalam menumbuhkan pendapatan data di tengah penurunan kontribusi pendapatan voice dan SMS.

Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin, kepada POS-KUPANG. COM, Minggu (7/4/2019), optimis kontribusi layanan data pada total pendapatan perusahaan akan terus meningkat seiring dengan berbagai upaya yang ditempuh perusahaan.

Ia berharap hingga akhir tahun nanti, kontribusi layanan data akan terus meningkat secara signifikan. Dengan demikian, penurunan pendapatan yang berpotensi akan terus terjadi pada layanan voice dan SMS tidak akan terlalu berpengaruh pada total pendapatan.

Optimis Hadapi Tantangan 2019, XL Axiata Jaga Tren Pertumbuhan

Hingga akhir tahun 2018 lalu, lanjutnya, kontribusi pendapatan data terhadap total pendapatan layanan telah mencapai 82%, meningkat dari 69% ditahun 2017. Pencapaian tersebut berhasil mendorong peningkatan EBITDA tahun 2018 sebesar 2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kinerja XL Axiata di tahun 2018 tersebut secara rata-rata telah mengungguli para kompetitor, baik untuk pertumbuhan revenue maupun pertumbuhan EBITDA.

"Harapannya hingga akhir tahun pendapatan XL Axiata bisa ditingkatkan minimal selaras bahkan di atas rata-rata industri," tuturnya.

Guna mendorong pertumbuhan layanan data di tahun 2019 ini, katanya, XL Axiata akan meningkatkan lagi tingkat penetrasi smartphone. Pada akhir tahun lalu, tingkat penetrasi telah mencapai 80% dari pelanggan, dan diharapkan hingga akhir tahun 2019 ini bisa terus meningkatkan lagi.

Lokasi Wisata Pantai Tarimbang Sumba Timur Hari Ini Berpotensi Hujan Ringan dan Awal Tebal

XL Axiata akan berfokus mengakuisisi pelanggan smartphone yang merupakan heavy user layanan data, khususnya layanan data 4G.

Dengan demikian, trafik data akan bisa terdorong kuat yang didukung oleh pertumbuhan trafik 4G. Guna merealisasikan target peningkatan penetrasi smartphone dan trafik data tersebut, XL Axiata akan secara konsisten menjalankan agenda transformasi seperti yang telah disebutkan di atas. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved